Pentingnya Mengatur Pola Tidur setelah Skincare Routine, Ini Penjelasan Dokter

Jum'at, 28 Juli 2023 - 23:55 WIB
loading...
Pentingnya Mengatur Pola Tidur setelah Skincare Routine, Ini Penjelasan Dokter
Pentingnya mengatur pola tidur setelah Skincare Routine. Foto/Ilustrasi/Freepik
A A A
JAKARTA - Skincare kini menjadi salah satu item kecantikan yang kian digandrungi oleh banyak orang. Bila digunakan secara rutin dan tepat, produk kecantikan ini memang ampuh membuat kulit menjadi lebih sehat, mulus, dan glowing.

Sayangnya, masih banyak kesalahan skincare routine yang justru dapat berdampak buruk pada kesehatan kulit. Untuk menghindari hal tersebut, Dermatologist, dr Danar Wicaksono, MSc., SpDV membeberkan sejumlah solusinya.

Ia mengatakan, sebelum menggunakan produk skincare sebaiknya Anda memahami terlebih dahulu tentang circadian rhytm.

Circadian rhytm sendiri merupakan ritme 24 jam yang dihasilkan oleh jam molekuler yang berfungsi untuk mengkoordinasikan jam internal tubuh dengan dunia luar. Sederhananya, hal ini berkaitan dengan jam tidur Anda sehari-hari.



"Nah, circadian rhytm ini tidak hanya berpengaruh pada tubuh manusia tetapi juga kulit. Pengaruhnya bahkan cukup besar bagi kesehatan kulit kita," ujarnya dalam acara peluncuran Garnier Bright Complete Overnight 10% Pure Vitamin C Serum, di Hotel Park Hyatt, Jakarta Pusat, Jumat (28/7/2023).

Dokter Danar kemudian memberikan contoh sederhana. Pada siang hari, kulit cenderung terpapar sinar matahari dan polusi yang dapat menyebabkan flek hitam dan permasalahan lainnya.

Nah, untuk mencegah hal itu terjadi, disarankan menggunakan skincare pada malam hari sebelum tidur. Pasalnya, di waktu inilah kulit cenderung lebih mudah menyerap kandungan-kandungan di dalam skincare.

"Kenapa harus dan wajib skincare-an malam hari itu karena kulit memiliki derajat keasaman atau ph lebih rendah, karena siang hari paparan polusi dan sinar matahari kulit jadi lebih basah sehingga tidak efektif. Ini berkaitan dengan permeability kulit," ungkap dr Danar.

"Pola tidur atau circadian rhtymnya juga harus diperhatikan. Kalau ada mata panda itu berarti circadiannya terganggu. Dan untuk memperbaiki dna kulit yang rusak bisa menggunakan serum vitamin c karena memiliki properti antioksidan. Vitamin C juga bisa memblokir pigment cel activator yang menyebabkan flek hitam/mata panda," tandasnya.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2514 seconds (0.1#10.140)