3 Manfaat Bercinta saat Liburan

Sabtu, 31 Desember 2016 - 22:34 WIB
3 Manfaat Bercinta saat Liburan
3 Manfaat Bercinta saat Liburan
A A A
JAKARTA - Sebuah penelitian terbaru mengungkap hubungan seks saat libur dipercaya membantu merangsang pertumbuhan sel otak. Seperti diketahui, seiring bertambahnya usia, sel-sel otak akan mengalami penurunan. Bahkan di usia 35 tahun, seseorang kehilangan 7 ribu sel otak.

Namun, para ilmuwan dari Princeton University di Amerika Serikat mengatakan dengan berhubungan seks secara teratur, hal itu bisa membantu menumbuhkan sel-sel baru di otak. Untuk itu, semakin sering berhubungan seks, maka semakin banyak sel yang tumbuh.

Para ilmuwan juga mengatakan seks merangsang pertumbuhan sel-sel otak di hippocampus atau bagian dari otak yang bertanggung jawab untuk memori dan belajar. "Ada beberapa bukti bahwa orang tua yang aktif secara seksual cenderung berkurang risiko demensianya," kata pakar kesehatan seksual di Spire Liverpool Hospital, dr Arun Ghosh.

Seks juga dipercaya meningkatkan aliran darah ke otak sehingga meningkatkan kadar oksigen dan mempertajam pikiran wanita. Berikut manfaat lainnya dari berhubungan seks saat libur seperti dilansir Daily Mail.

1. Membuat senang
Profesor neurologi di University of California, Los Angeles, sekaligus ahli pencitraan otak, Paul Thompson mengatakan ada sirkuit di otak yang terlibat dengan perasaan senang. Daerah ini akan aktif ketika seseorang merasa dihargai atau seks, narkoba, judi dan hal yang bisa dinikmati.

"Ada aliran darah lebih banyak ke otak, lebih banyak neuron yang aktif, lebih banyak aktivitas otak," jelas Thompson.

2. Mengurangi stres dan meningkatkan mood
Sebelum berhubungan seks, para ahli menyarankan untuk berciuman terlebih dahulu. Pasalnya, berciuman bisa melepaskan zat yang bisa menurunkan stres dan meningkatkan mood.

Tidak hanya itu, berciuman juga akan meningkatkan hormon kesenangan dan membuat Anda lebih mampu menerima apa yang akan terjadi. "Itu makanya seks yang penuh kasih akan lebih memuaskan ketimbang seks kilat," tambah dr Gosh.

3. Penghilang rasa sakit alami
Prof Komisaruk menjelaskan orgasme bisa menghilangkan rasa sakit alami. Penelitian yang menggunakan hewan laboratorium dan manusia menemukan bahwa orgasme bisa menghambat pelepasan nyeri dari sumsum tulang belakang dan tidak mencapai neuron di otak yang merespons rasa sakit. Menariknya, orgasme juga setara efeknya dengan morfin.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0310 seconds (0.1#10.140)