Ternyata, Faedah Salat Qiyamul Lail Sangat Baik bagi Kesehatan

Minggu, 06 Agustus 2023 - 14:43 WIB
loading...
Ternyata, Faedah Salat Qiyamul Lail Sangat Baik bagi Kesehatan
Salah satu manfaat qiyamul lail bagi kesehatan, adalah dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan juga mengusir semua penyakit. Foto ilustrasi/ist
A A A
Qiyamul Lail atau ibadah sunnah (terutama salat malam) yang dilakukan di sepertiga malam menyimpan keagungan dan kemuliaan yang luar biasa untuk mengatasi berbagai problematika kehidupan. Dari sisi kesehatan misalnya, qiyamul lail yang dilakukan secara rutin mempunyai berbagai manfaat.

Dirangkum dari berbagai sumber, salah satu manfaat qiyamul lail bagi kesehatan , adalah dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan juga mengusir semua penyakit. Jika sering mengerjakan salat malam itu akan membuat kekebalan tubuh semakin kuat.

Sebagaimana dikisahkan sahabat Bilal radhiyallaahu ‘anhu, ia berkata Rasulullah shalallaahu alahi wa sallam bersabda:

عَلَيْكُمْ بِقِيَامِ اللَّيْلِ فَإِنَّهُ دَأْبُ الصَّالِحِينَ قَبْلَكُمْ وَإِنَّ قِيَامَ اللَّيْلِ قُرْبَةٌ إِلَى اللَّهِ وَمَنْهَاةٌ عَنِ الإِثْمِ وَتَكْفِيرٌ لِلسَّيِّئَاتِ وَمَطْرَدَةٌ لِلدَّاءِ عَنِ الْجَسَد


“Hendaklah kalian senantiasa melakukan Qiyamul Lail (salat malam), karena sesungguhnya salat malam adalah kebiasaan Shalihiin (orang-orang shalih) sebelum kalian. Dan sesungguhnya salat malam adalah pendekatan kepada Allah, penghalang dari perbuatan dosa, penghapus segala kesalahan dan mengusir segala penyakit dari jasad (tubuh).” (HR At-Tirmidzi).

Selain itu, manfaat qiyamul lail ini dapat dilihat dari kehidupan Rasulullah Shallallahu alaihi wa salam, para sahabat-sahabatnya dan para ulama yang jarang sakit.



Wallahu A'lam
(wid)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1090 seconds (0.1#10.140)