Bahlil Ungkap Alasan Subsidi Motor Listrik Menyasar Masyarakat Umum

Minggu, 06 Agustus 2023 - 19:28 WIB
loading...
Bahlil Ungkap Alasan Subsidi Motor Listrik Menyasar Masyarakat Umum
Subsidi motor listrik juga akan diberikan ke masyarakat umum. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Pemerintah berencana untuk memperluas segmen penerima subsidi motor listrik . Kali ini, bukan hanya UMKM saja yang bisa mendapatkan subsidi, tetapi juga masyarakat umum.



Menteri Investasi Bahlil Lahadalia menyebut bahwa kebijakan ini didorong oleh realisasi yang jauh lebih kecil daripada target yang ingin dicapai. Dari target 200 ribu, realisasinya hanya mencapai 1%.

"Karena antara target kita dan realisasi itu sangat kecil sekali. Setelah dilihat, prosedurnya yang akan dipangkas dalam rangka berikan kemudahan ke masyarakat untuk memperoleh motor listrik," ujar Bahlil, dikutip di Jakarta, Minggu (6/8/2023).

Ternyata, sambung dia, ada beberapa prosedural yang masih tampak belum jelas. Dia mengatakan bahwa subsidi ini juga demi mendorong Indonesia bersih dan mengurangi ketergantungan terhadap BBM.

"Jadi kami juga mempertimbangkan setiap satu KTP, satu motor listrik. Ada pertimbangan seperti itu," ucap Bahlil.

Berdasarkan data dari laman yang memuat daftar motor listrik yang menerima subsidi, Sisapira, terdapat 198.504 sisa kuota/unit motor listrik per Minggu (6/8/2023).

Untuk saat ini, tercatat sebanyak 1.227 unit dalam proses pendaftaran, 44 telah terverifikasi, dan 225 unit telah tersalurkan.

Laman tersebut juga memuat syarat dan cara bagi masyarakat untuk membeli motor listrik menggunakan bantuan pemerintah. Sebelumnya, pembeli harus memastikan bahwa dealer yang dapat menyalurkan bantuan pemerintah hanya dealer yang telah resmi teregistrasi di Sisapira.

"Pertama, Sobat Molis bisa datang langsung ke dealer terdekat, yang kedua, menunjukkan KTP asli sebagai penerima KUR/BPUM/BSU/Subsidi listrik PLN 450-900 VA," tulis laman tersebut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1468 seconds (0.1#10.140)