Berapa Gaji Profesi Teknik Sipil di Indonesia? Simak Bocorannya

Senin, 07 Agustus 2023 - 09:29 WIB
loading...
Berapa Gaji Profesi Teknik Sipil di Indonesia? Simak Bocorannya
Meskipun tergolong tinggi, namun nominal gaji profesi Teknik Sipil akan berbeda-beda tergantung dengan posisi yang diampu ketika bekerja. Foto/shutterstock
A A A
JAKARTA - Teknik sipil menjadi salah satu profesi yang memiliki banyak peminat. Salah satu alasannya karena prospek dan gaji seorang yang bekerja sebagai Teknik Sipil tergolong tinggi. Hal inilah yang membuat jurusan Teknik Sipil di seluruh perguruan tinggi tidak pernah sepi pendaftarannya.

Benarkah? Meskipun tergolong tinggi, namun nominal gaji lulusan teknik Sipil akan berbeda-beda tergantung dengan posisi yang diampu ketika bekerja. Seperti apa peluang kerja teknik sipil di Indonesia? Simak prospek sekaligus estimasi gajinya yang dihimpun dari berbagai sumber berikut ya

Estimasi Gaji Profesi Teknik Sipil di Indonesia

Seseorang yang masuk ke jurusan teknik sipil akan mempelajari banyak hal, mulai dari ilmu desain, konstruksi, pemeliharaan lingkungan dan masih banyak lagi. Pembangunan yang dimaksud juga bukan sekedar rumah atau gedung tetapi juga jalan raya, stasiun sampai dengan fasilitas umum.

Melihat dari pengertiannya, ilmu teknik sipil begitu dibutuhkan di masyarakat mengingat pembangunan di setiap daerah selalu meningkat per tahunnya. Soal prospek kerjanya sendiri, seorang dengan keahlian teknik sipil juga bisa membuka bisnis sendiri. Supaya lebih mantab menjatuhkan pilihan untuk kuliah di Jurusan Teknik Sipil, berikut ini estimasi gaji teknik sipil sesuai dengan jenis pekerjaannya .

1. Kontraktor


Salah satu prospek lapangan kerja bagi lulusan teknik sipil yang cukup terkenal adalah kontraktor. Kebanyakan sarjana teknik sipil akan melamar di perusahaan kontraktor baik itu di daerah atau kota besar.

Setiap tahunnya perusahaan kontraktor selalu membutuhkan staff baru sehingga tidak sulit bagi fresh graduate mendapatkan pekerjaan. Gaji teknik sipil untuk jenis pekerjaan ini dimulai dari UMR daerah. Jika Anda berhasil bekerja di Jakarta maka bisa mendapatkan gaji mulai Rp4.900.000 sampai Rp5.500.000.

2. Konsultan Pembangunan


Peluang ini sangat cocok dipilih kamu yang ingin membuka usaha sendiri. Konsultan pembangunan sangat dibutuhkan, khususnya untuk kebutuhan pribadi seperti pembuatan rumah idaman.

Tidak sedikit juga perusahaan konsultan pembangunan yang cukup besar untuk dilamar. Kamu yang berhasil untuk diterima di pekerjaan ini maka bisa mendapatkan gaji mulai dari Rp5.000.000 sampai Rp8.000.000. Ada jenjang karier untuk bidang ini demi mendapatkan penghasilan yang lebih tinggi.

3. Developer


Bisnis perumahan juga menjadi prospek kerja bagi lulusan teknik sipil. Kamu bisa bekerja sebagai developer dan menangani berbagai proyek perumahan kecil maupun besar. Rata-rata gaji teknik sipil D3 yang berhasil masuk di bidang ini mulai dari Rp4.000.000 sampai Rp5.000.000 tergantung dengan kota tempat bekerja.



Bukan hanya D3, banyak juga lulusan S1 teknik sipil yang memilih bekerja di bidang ini. Apalagi hampir di setiap kota selalu ada perusahaan developer yang berdiri. Tugas dari developer pun cukup banyak mulai dari observasi tanah, perencanaan pengembangan konsep sampai analisis kebutuhan pasar.

4. Surveyor Tanah


Prospek kerja yang gajinya cukup tinggi mengingat tanggung jawab yang diemban pun sangat besar. Seorang surveyor tanah akan bekerja mengukur tanah yang rencananya akan dibangun. Ilmu ukur tanah, menggambar bangunan sampai keterampilan menggunakan alat ukur tanah sangat diperlukan.

Estimasi gaji seorang surveyor tanah ini mulai dari Rp4.500.000 sampai dengan Rp6.000.000. Sekali lagi gaji ini akan berbeda-beda tergantung dengan kota. Kebanyakan surveyor tanah akan bekerja dengan Badan Pertanahan Negara.

5. Structural Engineer


Profesi ini butuh keterampilan serta ketelitian yang tinggi mengingat tugas utamanya adalah memastikan bahwa struktur bangunan sudah benar. Jika salah menghitung risikonya adalah bangunan bisa roboh dan membahayakan banyak jiwa.

Seorang structural engineer bisa bekerja di perusahaan kontraktor atau developer. Soal gaji tentu saja cukup tinggi, untuk entry level bisa memperoleh sekitar Rp5.500.000 dan jika sudah sampai ke level senior bisa mendapatkan Rp8.000.000.

6. Staff Research & Development (R&D)


Pada bidang teknik sipil juga ada prospek karier di R&D. Tugas utamanya adalah untuk meneliti dan mengembangkan bidang pembangunan. Baik itu perusahaan swasta atau milik pemerintah sangat membutuhkan staf di bidang ini.



Soal gaji sama seperti sebelumnya, bagi entry level bisa mendapatkan Rp4.500.000 sampai dengan Rp6.000.000. Jika sudah mendapatkan level yang lebih tinggi maka gaji bisa mencapai Rp 8.000.000.

7. Water Engineer


Proyek air minum juga membutuhkan teknisi pengairan termasuk proyek pembuangan limbah dan pencegahan banjir. Pekerjaan ini dibutuhkan di berbagai jenis perusahaan dan punya penghasilan yang cukup tinggi. Anda yang berhasil menekuni bidang ini akan mendapatkan gaji mulai dari Rp8.000.000 sampai dengan Rp15.000.000.

8. Site Manager


Pekerjaan ini sangat dibutuhkan pada bidang pertambangan, developer, kontraktor dan masih banyak lagi. Tugas utamanya adalah untuk merinci pekerjaan di lapangan dan mengeceknya secara berkala. Site manager juga harus berkomunikasi dengan sub kontraktor.

Punya tugas dan tanggung jawab besar, gaji teknik sipil di pertambangan untuk bidang ini mulai dari Rp7.000.000 sampai dengan Rp10.000.000. Sedangkan untuk site manager di luar pertambangan mulai dari Rp8.000.000.

9. Geotechnical Engineer

Termasuk salah satu bidang pekerjaan yang berhubungan dengan pertambangan. Seorang geotechnical engineer bekerja menyelidiki, melakukan pengujian contoh sampai mengolah data geoteknik. Operasi tambang terbuka akan berjalan baik dengan infrastruktur yang telah direncanakan oleh geotechnical engineer.

Kebanyakan mereka yang bekerja di bidang ini merupakan lulusan S2 dan S3 teknik sipil. Estimasi gaji teknik sipil S2 untuk posisi ini mulai dari Rp10.000.000 dan akan meningkat sesuai dengan pengalaman dan waktu kerja.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4786 seconds (0.1#10.140)