6 Faktor yang Menyebabkan Gagal Ginjal Selain Darah Tinggi

Selasa, 08 Agustus 2023 - 08:28 WIB
loading...
6 Faktor yang Menyebabkan Gagal Ginjal Selain Darah Tinggi
Faktor yang menyebabkan gagal ginjal tak melulu karena tekanan darah tinggi. Diabetes dan tekanan darah tinggi adalah penyebab paling umum dari kondisi ini. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Faktor yang menyebabkan gagal ginjal tak melulu karena tekanan darah tinggi. Diabetes dan tekanan darah tinggi adalah penyebab paling umum dari kondisi ini. Diabetes yang tidak dikelola dapat menyebabkan kadar gula tinggi.

Gula darah yang tinggi secara konsisten dapat merusak ginjal serta organ lainnya. Tekanan darah tinggi berarti darah mengalir dengan kuat melalui pembuluh darah tubuh. Seiring waktu dan tanpa perawatan, kondisi ini dapat merusak jaringan ginjal dan menyebabkan gagal ginjal .

Gagal ginjal bisa menyerang siapa saja. Namun, Anda berisiko lebih tinggi terkena gagal ginjal jika mengidap diabetes, dan tekanan darah tinggi. Berikut faktor penyebab gagal ginjal lain yang harus diwaspadai dilansir dari Cleveland Clinic, Selasa (8/8/2023).

6 Faktor yang Menyebabkan Gagal Ginjal Selain Darah Tinggi

Foto/Infografis SINDOnews

Faktor yang Menyebabkan Gagal Ginjal Selain Darah Tinggi





1. Penyakit jantung.
2. Memiliki riwayat keluarga dengan penyakit ginjal.
3. Memiliki struktur ginjal yang tidak normal.
4. Kulit hitam, hispanik, penduduk asli Amerika, dan penduduk asli Alaska.
5. Usia di atas 60 tahun.
6. Sering mengonsumsi pereda nyeri.

Gagal ginjal sendiri merupakan kondisi di mana salah satu atau kedua ginjal tidak lagi berfungsi dengan sendirinya. Gagal ginjal terkadang bersifat sementara dan berkembang dengan cepat atau akut.

Di lain waktu, penyakit itu bisa menjadi kondisi kronis atau jangka panjang yang perlahan memburuk. Gagal ginjal merupakan stadium penyakit ginjal yang paling parah dan bisa sangat fatal tanpa perawatan.

Jika mengalami gagal ginjal, Anda dapat bertahan beberapa hari atau minggu tanpa pengobatan. Meskipun gagal ginjal tidak dapat dipulihkan, Anda dapat mengambil langkah-langkah untuk membantu mempertahankan fungsi ginjal.



Kebiasaan dan rutinitas yang sehat dapat memperlambat seberapa cepat ginjal kehilangan kemampuannya untuk berfungsi. Sebagai bentuk pencegahan, penting untuk memantau fungsi ginjal, jaga kadar gula darah dalam kisaran normal jika menderita diabetes, dan jaga tingkat tekanan darah tetap normal.

Selain itu, gagal ginjal bisa dicegah dengan cara hindari menggunakan produk tembakau, hindari makanan tinggi protein dan sodium, serta rutin periksa kesehatan ke dokter. Anda bisa sembuh dari gagal ginjal dengan pengobatan yang tepat dan perawatan selama sisa hidup.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1649 seconds (0.1#10.140)