Teknologi Metaverse Mulai Diterapkan di Sekolah, Dekatkan Siswa dengan Teknologi

Rabu, 09 Agustus 2023 - 12:00 WIB
loading...
Teknologi Metaverse Mulai Diterapkan di Sekolah, Dekatkan Siswa dengan Teknologi
Sekolah Santo Aloysius Bandung berinisiatif menjadi pionir dalam implementasi pendidikan berbasis Metaverse. Foto/Istimewa.
A A A
JAKARTA - Perkembangan teknologi dapat merevolusi sistem pembelajaran di sekolah. Metaverse contohnya yang bisa mentransformasi sistem pembelajaran sekaligus mendekatkan siswa dengan teknologi terkini.

Menyadari potensi teknologi Metaverse dalam memperkaya pengalaman belajar, Sekolah Santo Aloysius Bandung berinisiatif menjadi pionir dalam implementasi pendidikan berbasis Metaverse.

“Melalui pendekatan revolusioner ini, kami bertujuan membuka peluang belajar yang lebih luas bagi siswa dan guru,” kata Pastor Agustinus Sudarno, Pengurus Yayasan Mardiwijana Bandung - Satya Winaya, melalui siaran pers, Rabu (9/8/2023).

Di Metaverse, siswa dapat belajar melampaui batasan ruang kelas tradisional. Mereka dapat menjelajahi peristiwa bersejarah, mengalami konsep ilmiah dalam lingkungan simulasi, atau bahkan melakukan perjalanan kembali ke masa lalu untuk menyaksikan momen penting dalam sejarah.

Baca juga: Mengenal Gita Bahana Nusantara, Paduan Suara yang Selalu Meriahkan HUT RI di Istana Merdeka

Pendekatan inovatif untuk pendidikan ini menumbuhkan pemahaman yang lebih dalam tentang mata pelajaran dengan memberikan pembelajaran melalui pengalaman berhadapan langsung secara simulatif.

Sekolah Santo Aloysius Bandung berkomitmen memastikan pendidikan berbasis Metaverse dapat diakses oleh semua siswanya. Sekolah akan menyediakan sumber daya dan pelatihan yang diperlukan bagi pendidik untuk beradaptasi ke lingkungan belajar yang transformatif ini.

Selain itu, Sekolah Santo Aloysius Bandung akan terus berupaya menjaga inklusivitas, memastikan tidak ada siswa yang tertinggal dalam perjalanan pendidikan dengan teknologi yang tergolong baru ini.

Ketua Yayasan Mardiwijana Bandung Sherly Iliana mengatakan, "Di Sekolah Aloysius Bandung, kami berharap inovasi teknologi dapat memberikan siswa kami pendidikan yang lebih baik dan tetap unggul dalam pembentukan manusia yang utuh," ujarnya.

Baca juga: 5 Kementerian Dukung Permendikbud Pencegahan dan Penanganan Kekerasan di Sekolah

"Pengenalan Metaverse merupakan salah satu langkah untuk meningkatkan metodologi pembelajaran kami dan menumbuhkan lingkungan di mana kreativitas dan kolaborasi berkembang," lanjutnya.

Maria Magdalena dari Medusa Technology berpendapat, teknologi Metaverse memiliki potensi untuk membentuk kembali cara kita memandang pendidikan. Dengan memadukan realitas dengan pengalaman virtual, sekolah dapat menciptakan petualangan belajar yang tak tertandingi yang mempersiapkan siswa menghadapi masa depan.

“Saat sekolah merangkul era pembelajaran baru ini, siswa dapat menantikan petualangan belajar mendalam yang akan membekali mereka dengan keterampilan dan pengetahuan yang dibutuhkan untuk berkembang di abad ke-21,” pungkas Maria.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2948 seconds (0.1#10.140)