Sehari, Penderita Diabetes Capai 150 Orang

Minggu, 21 Desember 2014 - 14:15 WIB
Sehari, Penderita Diabetes Capai 150 Orang
Sehari, Penderita Diabetes Capai 150 Orang
A A A
JAKARTA - Diabetes mellitus adalah penyakit yang ditandai dengan kadar gula darah yang tinggi yang disebabkan oleh gangguan pada sekresi insulin atau gangguan kerja insulin atau keduanya.

Selain orang yang tubuhnya membawa gen diabetes, memiliki pola hidup yang tidak sehat dapat menyebabkan diabetes. Contohnya seperti makan yang berlebihan atau kegemukan, kurang gerak atau jarang berolahraga dan kehamilan.

Berdasarkan data dari International Diabetes Federation Edisi keenam tahun 2013, dikatakan bahwa penderita diabetes di dunia sebanyak 382 juta orang dengan 46% diantaranya tidak terdiagnosa. Penderita di Asia Pasifik terdapat 72 juta jiwa, dengan kemungkinan pada tahun 2035 terjadi peningkatan penderita diabetes sebesar 70,6%.

"Sehari di Indonesia orang yang sakit diabetes bisa mencapai 150 orang. Sedangkan di luar negeri hanya 25 orang dan itu sudah termasuk banyak. Diabetes dan hipertensi itu jadi penyakit ke satu dan dua yang sering dirujuk," tutur Kepala Divisi Endokrinologi Dept. Penyakit Dalam FKUI-RSCM dr. Em Yunir, SpPD-KEMD saat ditemui Sindonews di Hotel Shangri-La, Jumat (19/12/2014).

Sedangkan menurut Ketua JDM, Dr.Dante S.Herbuwono, SpPD-KEMD, PhD, di negara berkembang, otomatis diabetes menjadi sebuah tren dan menjadi meningkat. "Diabetes saat ini menjadi tren. Di negara berkembang, obesitas meningkat dan menjadi sebuah tren. Nggak hanya itu, diabetes dan obesitas juga menyebabkan impact ekonomi tinggi," tutupnya.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9251 seconds (0.1#10.140)