Tak Diobati, Katarak Jadi Racun Mata

Selasa, 27 Januari 2015 - 17:20 WIB
Tak Diobati, Katarak Jadi Racun Mata
Tak Diobati, Katarak Jadi Racun Mata
A A A
JAKARTA - Katarak adalah kekeruhan pada lensa mata yang menyebabkan penglihatan seseorang menjadi kabur, bahkan sampai tidak bisa melihat. Hal ini disebabkan cahaya yang masuk tidak dapat mencapai retina, akibat terhalang oleh lensa yang keruh.

Pada umunya seorang penderita katarak akan merasakan penglihatan buram atau berkabut, bahkan sampai tidak bisa melihat. Selanjutnya, penderita sering mengganti kacamata, karena ukurannya yang mudah berubah. Saat keadaan terang, penderita akan merasakan silau. Penglihatan akan semakin buram pada sore hari.

"Katarak menjadi penyebab kebutaan pertama. Kalau katarak itu nggak di buang, itu akan menjadi racun untuk mata. Namun kalau sudah di obatin akan sembuh," papar CEO SMEC Group, Imsyah Satari, MD saat ditemui di Jakarta.

Selain penyebab paling banyak dari katarak adalah proses lanjut usia atau degenerasi yang mengakibatkan lensa mata menjadi keras dan keruh, pola hidup yang tidak sehat pun menjadi salah satu penyebab katarak.

"Karena katarak itu kaya uban. Sekarang semakin sering timbul. Karena pola hidup kita udah nggak baik. Setiap kita tidur terlalu malam, setiap kita hidup nggak baik, setiap apa saja pemikiran kita yang sedih itu saja mengganggu metabolisme ditubuh kita. Setiap gangguan metabolisme ditubuh kita mempercepat gangguan regeneratif. Mempercepat penuaan, mempercepat banyak ubah, kerutan, mempercepat katarak," pungkasnya.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1230 seconds (0.1#10.140)