Manfaat Berolahraga di Tempat Kerja

Kamis, 29 Januari 2015 - 09:54 WIB
Manfaat Berolahraga di Tempat Kerja
Manfaat Berolahraga di Tempat Kerja
A A A
JIKA Anda berpikir bahwa manfaat olahraga terbatas pada aspek fisik dan kesehatan saja. Coba pikirkan lagi! Latihan justru dapat membantu Anda dan juga pekerjaan Anda, tapi sayangnya kebanyakan orang begitu sibuk bekerja. Sehingga mereka tidak banyak waktu untuk berolahraga.

Untuk mengetahui bagaimana Anda dapat mendapatkan manfaatkan keuntungan dari latihan di tempat kerja. Berikut uraiannya sebagaimana dikutip healthmeup.

1. Kewaspadaan
Berolahraga dapat meningkatkan aliran darah ke otak Anda, ini dapat membantu Anda tetap waspada dan fokus pada pekerjaan. Dalam jangka panjang, itu membuat pikiran Anda tajam dan mencegah penurunan kognitif.

2. Tingkat Energi
Sementara kebanyakan orang berpikir bahwa latihan menghabiskannya tingkat energi mereka, justru sebaliknya. Latihan meningkatkan tingkat energi Anda secara keseluruhan, memungkinkan Anda untuk menyelesaikan pekerjaan Anda tanpa terlalu lelah.

3. Manajemen Waktu
Mengelola waktu dan memprioritaskan tugas-tugas Anda tidak hanya keterampilan yang dipelajari. Hal itu mereka dipengaruhi oleh aktivitas fisik juga. Endorfin memengaruhi bagian otak Anda yang mengatur dua fungsi tersebut, memungkinkan Anda untuk melakukan pekerjaan Anda lebih efisien.

4. Suasana Hati
Latihan memicu pelepasan endorfin dan serotonin di otak Anda, yang meningkatkan suasana hati Anda, mencegah depresi dan membantu Anda melalui hari kerja tanpa keluhan.

5. Kreativitas
Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Experimental Psychology menemukan bahwa, bahkan dalam waktu singkat selama jam kerja dapat meningkatkan kreativitas Anda .

6. Kekuatan Otak
Latihan meningkatkan kekuatan otak dan memori, selain memberikan kejernihan mental. Menjadi lebih produktif juga secara fisik membantu Anda untuk menjadi lebih produktif di tempat kerja.

7. Kepercayaan Diri
Olahraga teratur, tidak peduli apa jenis, meningkatkan rasa percaya diri Anda dan keyakinan diri, atribut tumpahan itu ke kehidupan kerja Anda.

8. Kegelisahan
Jika Anda cenderung untuk mendapatkan gugup ketika berbicara di depan banyak orang atau saat membuat presentasi. Anda dapat menaklukkan rasa takut ini dengan berolahraga. Sebuah studi menemukan bahwa melakukan hanya 20 menit dari yoga, atau 20 menit latihan. Kegiatan itu dapat menenangkan saraf Anda secara signifikan, meskipun yoga terbukti lebih efektif daripada latihan.

9. Tegangan
Setiap jenis olahraga membantu mengurangi tingkat stres Anda, memungkinkan Anda untuk mengatasi tekanan pekerjaan Anda. Tingkat stres menjadi lebih rendah, juga memungkinkan Anda untuk membangun hubungan yang lebih baik dengan rekan kerja Anda, serta meningkatkan kualitas kehidupan kerja Anda.

10. Pencegahan Penyakit
Berolahraga secara teratur meningkatkan kesehatan fisik dan kekebalan, membantu Anda menjaga berbagai penyakit. Anda mungkin telah memperhatikan bahwa dalam bekerja muncul masalah kecil seperti pilek atau flu, hal itu tentu sangat melelahkan dan mengganggu. Terkadang kita tetap berusaha untuk bekerja dengan kondisi kesehatan yang kurang baik, ini benar-benar mengerikan.

11. Keseimbangan Kerja Keluarga
Anda mungkin pernah membaca banyak tentang bagaimana menjaga keseimbangan ideal antara pekerjaan dan keluarga Anda, tetapi mencapai lebih mudah diucapkan daripada dilakukan.

Olahraga dapat membantu membawa Anda lebih dekat dengan tujuan ini, karena sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Harvard Business Review menemukan bahwa olahraga meningkatkan self efficacy, yaitu kemampuan Anda untuk mendapatkan sesuatu, memungkinkan Anda untuk mengelola pekerjaan Anda dan keluarga yang lebih efektif.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5924 seconds (0.1#10.140)