Keutamaan Membaca Al-Qur'an Surat Al-Qari'ah

Jum'at, 16 Desember 2022 - 13:46 WIB
loading...
Keutamaan Membaca Al-Quran Surat Al-Qariah
Keutamaan membaca Al Quran surat Al Qariah banyak sekali memberi kebaikan bagi umat muslim, yuk amalkan! Foto : istimewa
A A A
Keutamaan membaca Al Qur'an surat Al Qari'ah banyak sekali memberi kebaikan bagi umat muslim. Surat Al Qari'ah menceritakan kejadian-kejadian pada hari kiamat, yang tentu menjadi mengingat kita untuk mempersiapkan bekal akhirat nantinya.

Surat Al-Qari’ah terdiri atas 11 ayat, termasuk dalam golongan Surat Makkiyyah. Al-Qari'ah sendiri artinya adalah hari kiamat. Ia diberi nama Surat Al-Qari'ah karena merujuk pada lafaz al-qari’ah yang terdapat pada ayat pertama. Sebenarnya arti al-Qari'ah yakni “yang memukul dengan keras”, lalu dipakai untuk nama hari kiamat.

Kandungan pokok surat Al Qari'ah yakni mengisahkan tentang kejadian-kejadian pada hari kiamat, yaitu manusia bertebaran, gunung-gunung berhamburan, amal perbuatan manusia ditimbang dan mendapatkan balasan. Keutamaan surat ini menegaskan sekaligus mengingatkan bahwa Hari Kiamat pasti akan datang dan tak satupun yang mengetahui waktunya selain Allah Subhanahu Wata'ala (SWT).

Sedangkan keutamaan membaca surat Al-Qari'ah ini, dalam sebuah hadis Nabi Muhammad shallalahu alaihi wa sallam bersabda,

“Barangsiapa yang membaca surat ini (Surat Al-Qari'ah), maka Allah akan memberatkan timbangan kebaikannya di hari kiamat. Dan barangsiapa yang menulisnya dan mengalungkannya kepada orang yang bernasib buruk dari keluarga dan pelayannya, maka Allah akan membukakan kebaikan dan rezekinya.” (Tafsirul Burhan, Juz 8: 368)

Manfaat Surat Al-Qari'ah

Dari beberapa sumber disebutkan, ada banyak manfaat atau faedah dari surat Al-Qariah. Di antara faedahnya tersebut, antara lain:

1. Surat Al-Qari'ah termasuk dalam Al-Mufashshal yang diberikan kepada Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam sebagai tambahan, sehingga beliau memiliki keutamaan dan keistimewaan dibandingkan dengan nabi-nabi sebelumnya.

2. Aman dari fitnah Dajjal dan bau neraka Jahanam

Abi Ja’far berkata, “Barangsiapa yang membaca dan memperbanyak bacaannya Surat Al-Qari'ah, maka Allah memberinya keamanan dari fitnah Dajjal dari beriman kepadanya, dan dari hembusan neraka Jahanam di hari kiamat, Insya Allah.” (Tsawabul A’mal: 155)

3. Diberatkan amalan kebaikannya di mizan dan dapat dijadikan doa atau wasilah bagi orang yang bernasib kurang baik (buruk).

Baca Juga: Keutamaan Membaca Al-Qur'an dengan Mushaf

Wallahu A'lam
(wid)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3660 seconds (0.1#10.140)