Makanan Sehat Perlu Ditanamkan Sejak Dini

Rabu, 04 Maret 2015 - 18:57 WIB
Makanan Sehat Perlu Ditanamkan Sejak Dini
Makanan Sehat Perlu Ditanamkan Sejak Dini
A A A
JAKARTA - Pemberian makanan sehat pada si kecil perlu ditanamkan sejak dini dan secara rutin. Pada tahun-tahun pertama kehidupan, anak-anak tumbuh dengan tingkat yang berbeda, sehingga rekomendasi pada makanan bervariasi tergantung pada usia dan tahap perkembangannya.

Pemberian makanan bergizi yang tepat, sesuai usia, jadwal makanan dan camilan, serta membuat makanan akan terlihat menarik bagi mereka. Ahli gizi Dr dr Fiastuti Witjaksono MSc MS SpGK menjelaskan, sebuah pola yang baik untuk memberikan makan adalah tiga kali sehari dan dua atau tiga camilan setiap hari.

"Frekuensi makan memang dia butuh tiga makanan. Nah makanan pagi, makanan siang dan makanan malam dan minimal dua snack," papar Dr dr Fiastuti saat media visit seminar Sari Husada di Gedung Sindo, Rabu (4/3/2015).

Menurut Friastuti, pemberian makanan camilan pada setiap anak tidaklah sama. Berat badan merupakan hal yang harus diperhatikan. "Anak itu makan nggak tiap enam jam. Kalau makan pagi makan malam itu berarti enam jam sekali. Kita harus tiap tiga jam itu diisi snack juga. Nah, itu ada dua snack. Kalau anaknya ke gemukan dua aja. Tapi kalau anak itu kurus bisa tiga," tambahnya.

Kreativitas dalam memberikan camilan bagi anak, merupakan hal yang perlu diperhatikan. Sang ibu diharapkan dapat memberikan kreasi dalam memberikan camilan untuk sang buah hati. Pasalnya, kreativitas ibu menjadi hal yang krusial pada anak yang sulit makan.

"Kalu dia kurus, bisa bikinin snack padat kalori. Misalnya scoothel, lontong isi, spaghetti dengan saus yang pakai sayuran. Kalau dia gemuk, kasih dia snack yang tidak padat kalori. Sayur, buah, ager (agar-agar) itu bisa. Tapi tetap tidak boleh terlalu manis, tidak boleh terlalu asin. Jadi makanan manis dihindari, makanan asin kaya ciki itu harus dihindari. Kreativitas ibu itu sangat diperlukan, terutama untuk sayur dan buah," ujar dia.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5370 seconds (0.1#10.140)