Festival Film Cannes Bakal Redam Aksi Selfie

Jum'at, 17 April 2015 - 18:41 WIB
Festival Film Cannes Bakal Redam Aksi Selfie
Festival Film Cannes Bakal Redam Aksi Selfie
A A A
PARIS - Tren selfie saat ini justru tidak membuat panitia Festival Film Cannes di Prancis terkesan. Saat mengumumkan susunan pendukung salah satu festival film terbesar di dunia itu, Direktur Cannes Film Festival Thierry Fremaux juga mengungkapkan kampanye untuk meredam aksi selfie di atas karpet merah.

Meski begitu, dia menyatakan, panitia tidak melarang selfie. “Kami tidak mau melarangnya. Tapi kami ingin memperlambat proses selfie di tangga. Kami kira itu adalah kegiatan yang konyol dan aneh sekali serta memperlambat semuanya. Kalian tidak pernah terlihat sejelek seperti yang kalian lakukan saat selfie,” papar Fremaux, yang dikutip BBC.

Ucapan ini diamini Presiden Festival Film Cannes Pierre Lescure. “(Selfie) itu adalah foto terjelek kalian,” ujar Lescure, yang dikutip The Guardian.

Tidak satu pun dari mereka yang mengungkapkan detil bagaimana peraturan ini akan diberlakukan. Tapi, mereka memaparkan, tidak akan ada polisi. “Kami punya waktu agar orang bisa melintasi karpet merah dan naik tangga tapi selfie memperlambat semuanya kalau orang berhenti tiap dua meter untuk mengabadikan foto diri mereka sendiri,” tutur Fremaux.

Tahun ini, festival itu akan menampilkan Woody Allen yang kembali setelah tiga tahun absen. Dia akan memamerkan karya terbarunya, An Irrational Man, yang dibintangi Joaquin Phoenix dan Emma Stone. Selain itu, ada juga drama Carol karya Todd Haynes yang menampilkan Cate Blanchett.

Festival ini juga akan dihadiri sejumlah bintang film tenar. Matthew McConnaughey, Naomi Watts, Michael Fassbender, Cate Blanchett, Marion Cotillard dan Sir Michael Caine menjadi bagian dari rangkaian bintang yang bakal hadir dalam event tersebut.

Matthew dan Naomi sama-sama membintangi film The Sea of Trees karya Gus Van Sant. Film yang juga menampilkan Ken Watanabe itu mengisahkan tentang seorang pria asal Amerika yang ingin bunuh diri bertemu seorang pria asal Jepang di sebuah hutan. Van Sant pernah memenangkan penghargaan tertinggi Cannes, Palme d’Or, untuk film terbaik, Elephant, pada 2003.

Menurut Fremeaux, tahun ini 1.854 film telah dikumpulkan untuk diseleksi pada festival yang digelar pada 13—24 Mei mendatang tersebut. Dari angka itu, 16 di antaranya akan bersaing untuk Palme d’Or. Tahun lalu, penghargaan ini jatuh kepada Winter Sleep karya Nuri Bilge Ceylan dari Turki. Sementara, sekitar 90% seleksi akan selesai awal pekan depan. Juri akan dipimpin Joel dan Ethan Coen.

Dari Asia, sutradara kondang asal Taiwan, Hou Hsiao-hsien, mengikutsertakan karyanya, The Assassin, untuk bersaing mendapatkan Palme d’Or. Sebelumnya, dia pernah meraih Jury Prize untuk film The Puppetmaster pada 1993.

Selain Hou, Asia juga akan diwakili oleh Jia Zhangke dari China. Karyanya, Mountains May Departs adalah film keempatnya yang diikutsertakan di Cannes. Lalu ada Hirokazu Kore-eda dari Jepang yang membawa filmnya, Our Little Sister, ke festival tersebut.

Sementara, film karya Allen dan film animasi terbaru Pixar, Inside Out, serta dokumenter tentang Amy Winehouse karya Asif Kapadia, tidak akan ikut kompetisi.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7172 seconds (0.1#10.140)