3 Elemen Cantik Secara Psikologis

Selasa, 21 April 2015 - 12:50 WIB
3 Elemen Cantik Secara Psikologis
3 Elemen Cantik Secara Psikologis
A A A
JAKARTA - Berdasarkan survei Dove, sebanyak 96% perempuan di dunia tidak memilih kata cantik untuk menggambarkan penampilan dirinya. Namun bagaimana dengan Anda?

Tentunya setiap orang memiliki definisi cantik secara berbeda. Memiliki tubuh langsing, rambut lurus, kulit putih dan kaki yang jenjang kerap diidentikan sebagai definisi cantik.

Namun, secara psikologis, cantik memiliki tiga elemen. "Cantik secara psikologis itu satu paket komplit, mind, body, and soul," papar psikolog Efnie Indrianie di Menteng, Jakarta.

Konsep mind, body, and soul ini memiliki karakteristik yang berbeda namun tetap berkesinambungan.

"Kalau secara mind, di dalam pikirannya dia punya paradigma berpikir kalau aku cantik. Untuk body, perempuan akan melakukan berbagai perawatan untuk membuat kecantikannya terpancar. Nggak cuma itu, santun dan bertutur kata yang ramah juga perlu. Untuk balancing diperlukan soul. Sudah menyadari, merawat diri kemudian kita harus menysukuri, menemukan the meaning of life dari potensi yang kita punya," ujar dia.

Secara psikologis, wanita yang sudah memiliki, mind, body and soul dapat dikategorikan cantik. Dengan demikian, kecantikan akan terpancar dari perilaku.

"Kecantikan yang dia punya akan jadi enough power, bukan justru memamerkan kecantikannnya. This is my body atau this is my face. Kecantikan yang complete package akan terpancar dari perilakunya, bukan cuma standar normatif," pungkasnya.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4270 seconds (0.1#10.140)