Waspada! Pendarah Berlebihan Saat Menstruasi Picu Anemia

Sabtu, 25 April 2015 - 09:11 WIB
Waspada! Pendarah Berlebihan Saat Menstruasi Picu Anemia
Waspada! Pendarah Berlebihan Saat Menstruasi Picu Anemia
A A A
JAKARTA - Keluarnya darah yang berlebihan atau Heavy Menstrual Bleeding (HMB) merupakan kondisi abnormal. Penderita HMB harus segera ditangani. Sebab, HMB dapat menyebabkan anemia.

"Perdarahan menstruasi berlebih memang sering tidak disadari. Padahal risikonya dapat menyebabkan anemia," papar Profesor Obstetri dan Ginekologi dari Universitas Indonesia, Biran Affandi di Kawasan Senayan, Jakarta.

Wanita yang mengalami HMB akan mengganti pembalut lebih sering. Di samping itu, penderita HMB akan merasa lemas dan aktivitas sehari-harinya terganggu. Penderita HMB akan mengalami menstruasi darah yang berlebihan sekitar 80 ml.

"Kalau kita sering merasa lemas dan tidak bisa melakukan aktivitas sehari-hari karena menstruasi, misalnya tidak bisa mengantar anak ke sekolah, bisa jadi ada perdarahan menstruasi berlebih," ujarnya.

Tanda lainnya adalah bila intensitas mengganti pembalut menjadi lebih sering, terutama di malam hari. "Perdarahan berlebih bisa dihubungkan dengan berapa kali mengganti pembalutnya. Menggunakan lebih dari satu pembalut, setiap jam secara berturut-turut harus mengganti. Itu merupakan petunjuk pendarahan yang berlebih," pungkasnya.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6428 seconds (0.1#10.140)