Ini Jadwal Makan untuk Penderita Diabetes

Senin, 11 Mei 2015 - 14:20 WIB
Ini Jadwal Makan untuk Penderita Diabetes
Ini Jadwal Makan untuk Penderita Diabetes
A A A
JAKARTA - Jadwal makan kerap dianggap sepele. Sebab, jadwal makan merupakan hal yang penting untuk diperhatikan, terutama bagi diabetesi atau penderita diabetes.

Bagi diabetesi, melewati waktu makan berakibat makan menjadi tidak terkontrol. Berdasarkan buku Diabetes and Me, pedoman yang disarankan untuk diabetesi adalah makan 5-6 kali sehari.

Diabetesi memiliki rincian tiga kali makan besar yang dapat dilakukan pukul 07.00, makan siang pukul 12.00 dan makan malam pada pukul 19.00.

Diabetesi dianjurkan mengkonsumsi makanan selingan yang dapat di santap di antara jam yang sudah ditentukan. Dengan membagi kebutuhan kalori menjadi 5-6 kali makan, gula darah dan nafsu makan dapat lebih terjaga.

Berdasarkan pedoman ini, diabetesi akan terhindar dari hiperglikemik maupun hipoglikemik. Tak hanya itu, diabetesi juga akan memiliki berat badan yang ideal.

Sedangkan, untuk makanan ringan yang dikonsumsi oleh diabetesi adalah buah pukul 09.00, makanan ringan Low GI pukul 15.00. Diabetesi juga dapat menikmati makanan ringan lainnya pada pukul 21.00.

Makan sesuai jadwal baik untuk pankreas. Sebab, perut yang kosong bukanlah kondisi yang ideal untuk insulin pada tubuh bekerja.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0445 seconds (0.1#10.140)