Mendorong Pendidikan Berbasis Teknologi

Selasa, 12 Mei 2015 - 11:00 WIB
Mendorong Pendidikan Berbasis Teknologi
Mendorong Pendidikan Berbasis Teknologi
A A A
PENDIDIKAN memiliki peranan penting dalam menentukan kemajuan suatu bangsa. Negara dengan akses sama terhadap pendidikan akan menghasilkan sumber daya manusia yang unggul.

Tapi kenyataannya, masih ada celah cukup jauh antara pendidikan yang diajarkan di sekolah dengan soft skill yang diperlukan dalam dunia kerja, dalam hal ini teknologi.

Celah tersebut, menurut Paramadina Institute for Education Reform Totok Soefijanto terjadi karena masalah insfrastruktur untuk mendukung terciptanya sistem pembelajaran teknologi masih berbeda antar kota di Indonesia. ”Pendidikan formal di Indonesia tidak menyiapkan secara sempurna soft skill yang diperlukan anak didik bisa struggle di dunia kerja,” paparnya.

Rendahnya tingkat akses internet di daerah pedesaan juga menciptakan kesenjangan, yang seharusnya dapat dikurangi melalui peningkatan kualitas sistem pendidikan berbasis teknologi.

Padahal, Indonesia harus bertransformasi dari ekonomi berbasis sumber daya alam menjadi ekonomi berbasis teknologi. Jika saat ini Indonesia masih memanfaatkan sumber daya alamnya sebagai basis ekonomi tentu sampai kapanpun masyarakat hanya menjadi tenaga kerja saja,” beber Totok.

Regional Director of Legal and Corporate Affairs Microsoft Southeast Asia Astrid Tuminez mengatakan, saat ini Microsoft telah melakukan aksi lewat program ”Partner in Learning” yang sudah berjalan selama 10 tahun.

Program tersebut memberikan pelatihan kepada guru dengan menggandeng berbagai pihak. ”Kami berharap dapat menjangkau setengah juta guru di Indonesia untuk pengembangan IT soft skill,” katanya.

binti mufarida
(ars)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3295 seconds (0.1#10.140)