Mudahkan UKM Diindeks Google

Selasa, 12 Mei 2015 - 11:01 WIB
Mudahkan UKM Diindeks Google
Mudahkan UKM Diindeks Google
A A A
Setelah Twitter memproklamirkan layanan iklan bagi UKM, kini giliran Google merilis layanan Bisnisku. Bisnisku adalah platform layanan bagi UKM yag ingin memperkenalkan dan memasarkan usaha mereka secara online.

Head of Communication Google Indonesia Jason Tedjasukmana mengatakan, banyak UKM yang notabene tulang punggung perekonomian di Indonesia kesulitan dalam memperkenalkan dan memasarkan usaha mereka. Bahkan, hanya 1% dari 56,5 juta UKM yang memanfaatkan internet untuk bisnis.

”Dengan Google Bisnisku kini setiap UKM dapat muncul di pencarian lewat Google,” ujar Jason, sapaan akrabnya. Head of SMB Marketing, Google Indonesia Mira Sumanti menjelaskan, pihaknya ingin agar bisnis UKM di Indonesia dapat berkembang. Caranya, memudahkan setiap UKM ditemukan oleh pelanggannya. Yakni, lewat Google Search.

Lalu, bagaimana cara mendaftar di Google Bisnisku? Cukup mudah, Anda dapat mengakses Google Bisnisku dari halaman web atau mobile yang diunduh di App Store maupun Google Play Store. Setelah mendaftarkan secara gratis ini, pemilik bisnis sekaligus akun Google Bisnisku dapat memperoleh informasi yang menjadi referensi strategi pengembangan bisnisnya.

Informasi yang didapat, misalnya, statistik dari Google Bisnisku yang terdiri dari berapa banyak yang mencari UKM Anda dan mengkliknya di Google Search, hingga berapa banyak yang ingin ditunjukkan panduan jalan menuju lokasi bisnis Anda. Mira menjelaskan, pelanggan dapat menilai bisnis lebih jelas karena muncul di Google Search sehingga menumbuhkan rasa percaya.

Kedua, mudah ditemukan. Tidak hanya dari mesin pencari Google tapi juga lokasinya dengan terintegrasi langsung ke Google Map. Ketiga, UKM dapat berkomunikasi langsung dengan pelanggan, ketika mereka memberikan ulasan soal bisnis Anda maka dapat direspon langsung.

Kedepannya Google Bisnisku akan mengembangkan sistem verifikasi yang saat ini masih mengandalkan pos. ”Google sedang mengembangkan sistem verifikasi yang lebih cepat dan mudah,” papar Mira.

cahyandaru kuncorojati
(ars)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7339 seconds (0.1#10.140)