5 Makanan Ini Sebabkan Perut Kembung dan Bergas

Selasa, 12 Mei 2015 - 12:21 WIB
5 Makanan Ini Sebabkan Perut Kembung dan Bergas
5 Makanan Ini Sebabkan Perut Kembung dan Bergas
A A A
JAKARTA - Perut kembung dan bergas sangatlah tidak nyaman, perut akan terasa penuh bahkan sakit. Kondisi ini kerap disebabkan oleh banyaknya mengkonsumsi makanan yang banyak menimbulkan gas.

Makanan ini dapat menimbulkan rasa tidak nyaman yang disebabkan oleh menumpuknya gas yang ada pada lambung. Nah, berikut makanan yang dapat menyebabkan perut kembung dan bergas yang dilansir dari Venusbuzz.

1. Semangka
Semangka mengandung tinggi fruktosa dan gula alami yang tidak dapat diserap dengan baik oleh tubuh. Hal ini menyebabkan mengandung gas di perut.

2. Mangga
Mangga lebih banyak mengandung fruktosa dibandingkan glukosa. Hal ini menyebabkan ketidak seimbangan dan membuat rasa kembung dan perut bergas.

3. Blackberry
Buah ini tidak hanya kaya antioksidan, tetapi juga tinggi poliol atau sering disebut gula alkohol. Poliol yang terkandung dalam blackberry cenderung mengendap di sistem pencernaan dalam waktu yang lama. Keadaan ini membuat perut terasa kembung.

4. Apel

Para pakar kesehatan, melarang penderita fruktosa malabsorpsi (kelainan tubuh menyerap frusktosa) untuk mengkonsumsi apel. Pasalnya, gula alami tidak bisa diserap oleh tubuh. Tak hanya itu, apel memicu masalah pencernaan seperti kembung dan diare.

5. Plum

Mengkonsumi plum dapat meningkatkan masalah perut seperti kembung. Pasalnya, plum dikemas dengan polioli atau gula alkohol yang dapat menyebabkan bakteri usus akan memfermentasi.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1172 seconds (0.1#10.140)