Calon Raja Mobil Ekstrem

Kamis, 14 Mei 2015 - 09:32 WIB
Calon Raja Mobil Ekstrem
Calon Raja Mobil Ekstrem
A A A
MITSUBISHI Pajero Sport berusaha membuktikan statusnya sebagai raja mobil ekstrem dengan berlaga di dua ajang prestisius Kejurnas Speed Off-Road - Indonesia Xtreme Off-Road Racing (IXOR) dan Indonesia Xtreme Off-Road Adventure 4X4 Individual .

Mitsubishi Pajero Sport memiliki tugas mahaberat pada tahun ini. Mobil kebanggaan PT Krama Yudha Tiga Berlian (KTB) Motors itu harus bertanding di dua ajang ekstrem, yakni Kejurnas Speed Off-Road - Indonesia Xtreme Off-Road Racing (IXOR ) dan Indonesia Xtreme Off- Road Adventure 4X4 Individual .

Dengan dua tugas tersebut, Mitsubishi Pajero Sport setidaknya sebulan sekali harus bekerja keras mematahkan serbuan mobil-mobil lain. Ambil contoh pada seri kedua IXOR yang digelar di Sirkuit Tembong Jaya, Serang, Banten pada 9-10 Mei lalu. Mereka hanya beristirahat selama satu bulan sejak gelaran perdana IXOR pada 13-15 Maret lalu di Batulicin, Kalimantan Selatan.

Usai bertarung di Serang, bulan depan tepatnya pada 6-7 Juni nanti di Subang, Jawa Barat, Mitubishi Pajero Sport bakal bertarung lagi. Ketangguhan Mitsubishi Pajero Sport memang tengah dikuras habis-habisan. Selain padatnya jadwal, mereka juga menghadapi persaingan yang sangat ketat dari pesaing. “Pesaing-pesaingnya sudah semakin canggih sekarang,” ujar Rifat.

Untungnya, menurut Rifat, Mitsubishi Pajero Sport memang bersahabat dengan medan ekstrem dan jadwal yang ketat. Dia merasakan betul mobil ini memiliki potensi yang kuat untuk jadi raja ekstrem. “Sasis dan suspensi Pajero Sport luar biasa. Meskipun melewati jalanan offroad dengan kecepatan tinggi dan disertai lintasan berupa jumping dan sliding , kami tidak menemukan masalah pada kakikaki dan gardan,” tutur Rifat.

Kelebihan itulah yang membuat Rifat Sungkar dan navigator M Redwan yang turun di kelas 6.4 FFA - 8 Silinder berhasil membawa Mitsubishi Pajero Sport meraih waktu 14 menit 38 detik untuk menyelesaikan SS (special series ) 1-4. Dengan catatan tersebut, mereka berhasil meraih posisi ketiga overall . Beratnya ujian dari IXOR tidak akan berhenti di situ.

Mitsubishi juga membawa mobil ini ke ajang Indonesia Xtreme Offroad Adventure 4X4 Individual , tantangannya akan jauh lebih berat lagi. Kejuaraan ini merupakan balap mobil adventure yang menggunakan lintasan off-road yang lebih ekstrem. Kejuaraan di sini akan mempertandingkan 1 mobil atau individual dan mengukur gabungan antara kecepatan dan keahlian.

Indonesia Xtreme Offroad Adventure 4x4 Individual sendiri sudah dimulai berbarengan dengan seri perdana IXOR di Batulicin pada April lalu. Ajang ini unik karena ini pertama kali para offroader mendapatkan format lomba yang berbeda di IXAI. Bukan hanya pembagian kelas baru, juga format gelarannya berubah. Panjang trek di Indonesia Xtreme Offroad Adventure 4x4 Individual pun mencapai 1,5 km.
pun dibuat lebih menantang hingga menyerupai trek motocross . Inilah mengapa Mitsubishi Pajero Sport benar-benar tertantang untuk membuktikan apakah mobil ini sanggup menjadi raja mobil ekstrem.

Wahyu sibarani
(ftr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0663 seconds (0.1#10.140)