Naik Kelas

Kamis, 14 Mei 2015 - 09:39 WIB
Naik Kelas
Naik Kelas
A A A
SUZUKI membuat terobosan di segmen mobil low cost green car (LCGC). Produsen automotif ini menghadirkan varian terbaru Karimun Wagon R berteknologi transmisi auto gear shift (AGS) yang belum dimiliki mobil LCGC lainnya. Teknologi AGS menghadirkan pilihan mode otomatis dan manual sekaligus dalam satu paket.

Teknologi yang diusung Karimun Wagon R ini memang bukan teknologi yang benarbenar baru. Namun, Wagon R merupakan mobil pertama di kelasnya yang mengadopsi teknologi ini. Di mobil kelas atas, transmisi gabungan manual dan otomatis sudah cukup lama diperkenalkan dengan banyak istilah, seperti tiptronic, geartronic, dan touchshift .

Auto gear shift merupakan sistem transmisi yang menggabungkan dua tipe transmisi, baik manual maupun otomatis, yang dibenamkan di dalam mesin mobil ini. Dengan mengaplikasikan sistem transmisi pada kendaraan ini, pengemudinya menjadi lebih mudah dan praktis sehingga meningkatkan kenyamanan berkendara bagi penggunanya, terutama dalam menghadapi kemacetan lalu lintas di perkotaan.

Teknologi yang disebut Suzuki sebagai auto gear shift atau AGS ini memberi fleksibilitas besar bagi pengendara, yaitu bisa memilih transmisi otomatis saat terjebak kemacetan, dan berpindah ke manual ketika menginginkan gaya mengendara yang lebih agresif. Meski masuk dalam kategori mobil murah, Karimun Wagon R AGS telah berevolusi menjadi mobil yang nyaman dikendarai.

Kabin yang lapang, suspensi yang nyaman, dan jok yang empuk menjadi salah satu keunggulannya. Soal kecepatan, meski dimensinya mungil, mobil ini bisa dipacu stabil di 140 kilometer per jam. Namun, disarankan untuk tidak menggunakan mobil ini dengan kecepatan terlalu tinggi. Selain menghadirkan sensasi fun to drive , mobil ini juga irit.

Pada uji jalan yang dilakukan terhadap 16 unit Karimun Wagon R AGS, salah satu unit mobil hanya membutuhkan 1 liter bahan bakar untuk menempuh jarak 36 kilometer. Dari segi performa, Karimun Wagon R AGS menggunakan mesin K10B berkapasitas 998 cc 3-silinder DOHC 12- katup dengan tenaga maksimum 68PS/6,200rpm torsi maksimum 90 Nm/3,500rpm.

Selain itu, mobil ini dilengkapi dengan sistem “drive by wire” pada pedal gas untuk akselerasi lebih responsif namun tetap irit bahan bakar. Mesin ini sudah teruji secara performa, efisiensi, dan kemudahan perawatannya di seluruh tipe Karimun Wagon R yang ada di pasaran saat ini.

Karimun Wagon R AGS memiliki tampilan yang gaya dan segar pada desain eksteriornya. Walaupun bentuk luar Karimun Wagon R GS terlihat kompak, bentuk kotak yang proporsional dan tinggi membuat model Karimun Wagon R dapat mengoptimalkan ruang yang ada di dalamnya/ bagian interior dapat mengakomodasi 5 orang dewasa dengan nyaman, bahkan pada saat berkendara jauh, serta dapat mengangkut barang-barang bawaan di bagian ruang bagasinya.

Karimun Wagon R AGS dirancang dengan menggabungkan fitur keamanan dan keselamatan sehingga penumpang akan merasa tenang ketika mengendarai mobil ini. Fitur keamanan pada mobil ini, di antaranya sistem immobilizer yang menggunakan sinyal dari kunci elektronik sebelum mesin ECU (engine control unit ) bekerja. Sistem keyless entry menjadi pelengkap dari fitur mobil ini.

Mobil ini juga dilengkapi fitur keselamatan untuk melindungi pengemudi dan penumpang dari bahaya kecelakaan, yakni adanya sabuk pengaman/seat belt 3-point ELR (emergency locking retractor ), yang secara otomatis mengunci dan menahan penumpang ketika terjadi hantaman/tabrakan secara tiba-tiba. Lalu, Karimun Wagon R AGS juga dilengkapi dengan child proof rear door locks di pintu belakang mobil.

Anton c
(ftr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6729 seconds (0.1#10.140)