Asap Dapur Sama Berbahayanya dengan Asap Rokok

Sabtu, 16 Mei 2015 - 10:33 WIB
Asap Dapur Sama Berbahayanya dengan Asap Rokok
Asap Dapur Sama Berbahayanya dengan Asap Rokok
A A A
JAKARTA - Asap rokok sudah dikenal luas berbahaya bagi kesehatan. Tapi, asap lain pun tak kalah bahayanya. Bahkan, asap yang berasal dari dapur juga bisa mengganggu keseahtan.

Asap yang berasal dari aroma makanan ini dapat menggagu kesehatan kulit sampai pernapasan. Semua ini terjadi akibat adanya proses pembakarannya tidak sempurna.

Selebriti sekaligus dokter Lula Kamal, menyatakan, asap dapur tidak lebih baik dari asap rokok. Menurut dia, meskipun tidak terlalu bahaya dibanding asap rokok, tapi bukan berarti asap dapur tidak mengakibatkan dampak apapun pada tubuh.

"Asap dapur mengandung karbon monoksida, SO2, dan NO2. Semuanya merusak pernapasan. Yang kena langsung sistem pernapasan," ujar Lula di Jakarta.

Dia menjelaskan, menghirup asap dapur yang berlebih bisa menyebabkan iritasi pernapasan. Selain itu, jika menghirup asap tersebut dalam intensitas tak wajar berpotensi menyebabkan kanker paru dan radang paru. "Bisa banyak menggangu kesehatan yang bisa berdampak kanker kalau terus menerus menghirup asap rokok tersebut," katanya

Sementara itu, dampak lainnya yang disebabkan asap dapur bisa berupa gangguan pada kulit. Salah satunya bisa menimbulkan jerawat. "Yang biasanya merepotkan adalah jerawat. Muka biang keringat semua. Sering sekali timbul permasalahan jamur," ujar dia.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6664 seconds (0.1#10.140)