Cara Mengukur Lemak Jenuh untuk Dikonsumsi

Selasa, 19 Mei 2015 - 06:05 WIB
Cara Mengukur Lemak Jenuh untuk Dikonsumsi
Cara Mengukur Lemak Jenuh untuk Dikonsumsi
A A A
JAKARTA - Untuk kesehatan, konsumsi lemak jenuh yang terkandung dalam kelapa sawit perlu dibatasi. Lemak ini hanya boleh dikonsumsi kurang dari 7% dari kalori per hari.

Sebab, lemak jenuh merupakan salah satu penyebab meningkatnya kolesterol total dan kolesterol jahat. Untuk mengetahui kandungan lemak jenuh pada minyak goreng yang Anda konsumsi, Anda dapat mendinginkannya.

"Semakin mudah membeku, maka semakin tinggi kandungan lemak jenuhnya. Konsumsi jenis minyak inilah yang harus dibatasi," papar Dokter Spesialis Gizi Klinik dari Departemen Ilmu Gizi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Fiastuti Witjaksono, di Senayan, Jakarta.

Lebih lanjut Fiastuti menjelaskan, lemak ini kerap tersangkut di pembuluh darah dan bisa menyumbat aliran darah ke organ-organ vital.

"Bila yang tersumbat adalah aliran darah menuju ke otak, kondisi ini bisa menyebabkan terjadinya stroke. Sementara bila yang tersumbat adalah aliran darah menuju ke jantung, maka jantung tidak mendapatkan suplai darah yang cukup, sehingga meningkatkan risiko terjadinya serangan jantung," pungkasnya.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6846 seconds (0.1#10.140)