Cuci Mata Seru di Jonker Walk Night Market

Jum'at, 22 Mei 2015 - 09:18 WIB
Cuci Mata Seru di Jonker Walk Night Market
Cuci Mata Seru di Jonker Walk Night Market
A A A
Jonker Walk Night Market di Melaka, Malaysia, merupakan pasar malam yang kerap didatangi banyak turis. Pasar ini digelar di sepanjang Jalan Hang Jebat atau jalan utama yang melalui Kota Melaka.

Tak ada istilah melewatkan area satu ini saat berkunjung ke kota tua tersebut.Bila Daerah Istimewa Yogyakarta punya Malioboro dan Bali punya Pasar Sukawati, Melaka memiliki Jonker Walk Night Market, sebuah kawasan yang merupakan surga bagi para pemburu barang murah, baik backpacker maupun wisatawan dengan budget lebih. Jangan mengaku pernah ke Melaka kalau belum blusukan dan menyesap asyiknya pasar malam ini.

Jonker Walk Night Market yang terdapat di Jonker Street (Jalan Hang Jebat) merupakan area yang cukup legendaris. Terutama saat UNESCO menganugerahi jalan ini sebagai World Heritage Site. Sejak itu, Jonker Street hampir tidak pernah sepi pengunjung, terutama saat akhir minggu ataupun musim liburan. Jonker Street akan berubah menjadi Jonker Walk Night Market pada malam hari.

Pada saat itu, baik wisatawan maupun penduduk lokal tumplek jadi satu. Pasar kaget ini hanya buka saat weekend , tepatnya mulai Jumat hingga Minggu, serta hari-hari libur nasional. Barang yang bisa Anda temui di sini tentu saja baju dan perlengkapan busana lain. Selain itu, banyak juga penjual kerajinan tangan khas setempat. Kebanyakan merupakan aneka bentuk olahan dari kayu.

Beberapa dibentuk seperti patung-patung hewan dan sejumlah pedagang terlihat menjajakan lampu meja. Hal unik lain, yaitu kerajinan logam. Ada gantungan kunci, hiasan pintu, gelang, kalung, dan semacamnya. Bersama dengan kerajinan tersebut, biasanya pedagang juga ikut menjajakan beberapa figurine dan miniatur kendaraan bermotor.

Sama seperti pasar rakyat lain, di sini pun ada stan-stan yang menempati trotoar dan beberapa lainnya merupakan toko yang berdiri permanen. Biasanya, toko-toko permanen menerapkan harga pas. Anda agak susah untuk menawar. Namun, khusus stan yang di trotoar, beda cerita. Anda bebas mengeluarkan jurus tersadis sekalipun untuk mendapatkan harga termurah.

Tawar sebisanya. Justru ini wajib, karena jika tidak, bukan tidak mungkin Anda akan membeli barang dengan harga dua kali lipat dari harga yang sebenarnya. Satu hal yang pasti ada dari setiap pasar rakyat, yakni jajanan. Siapa yang bisa menolak godaan aroma sedap selama Anda berjalan kaki di Jonker Walk?

Saatnya mencoba beragam panganan unik. Jajanan yang wajib Anda cicipi, di antaranya hainanese chicken rice balls . Ini merupakan salah satu makanan tradisional penduduk setempat. Makanan nikmat berbahan dasar nasi dan ayam ini per porsinya dibanderol dengan harga hanya RM10 atau sekitar Rp37.000.

Selanjutnya, ada mango ice kacang serta cendol. Masih ada buah dengan aroma surga yang disajikan dalam format puff . Durian puff adalah satu menu yang wajib Anda coba bila memang tidak bermasalah dengan bau sedap buah berduri tersebut.

Rendra hanggara
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7051 seconds (0.1#10.140)