Memilih Printer 3D

Selasa, 26 Mei 2015 - 08:46 WIB
Memilih Printer 3D
Memilih Printer 3D
A A A
Kehadiran 3D Printer di Indonesia rupanya direspon positif oleh para penggemar teknologi terbaru (early adopter).

Meski terbilang sebagai “mainan” mahal, namun banyak sekali orang yang ingin sekali memilikinya. 3D Printer tidak hanya semata-mata ingin dimiliki oleh mereka yang meminati hobi mengkoleksi 3D model atau figurine, tetapi juga mereka yang ingin menciptakan 3D model hasil desain mereka sendiri.

Bahkan lebih jauh lagi 3D printer juga menciptakan industri kreatif, misalnya, 3D modeling untuk cinderamata sebuah acara. Nah, bagi Anda yang terbilang baru ingin memiliki 3D Printer berikut ini adalah beberapa tipsnya:

Hobi atau Profesi

Coba Anda pikirkan dulu alasan membeli 3D Printer. Apakah karena hobi atau ingin membuat usaha? Setiap 3D Printer memiliki kemampuan produksi berbeda. Secara garis besar kemampuannya dibedakan menjadi untuk hobi dan profesional.

Ukuran dan Desain

Ukuran, desain, serta bentuk perangkat 3D Printer tetap harus diperhatikan. Karena lumayan berpengaruh terhadap mobilitas dan kenyamanan dalam menggunakan 3D Printer. Penggemar 3D modeling mungkin tidak masalah terhadap printer berukuran besar.

Kemampuan Mencetak 3D Model

Bicara soal kemampuan tentu berpengaruh langsung terhadap output atau hasil. 3D Printer dengan kemampuan terbaik, mampu mencetak dengan berbagai material, menghasilkan cetakan yang detil sesuai keinginan, serta lebih cepat.

Konektivitas dan Kompatibilitas

Semakin banyak jenis konektivitas dan jenis file yang kompatibel dengan 3D Printer, maka semakin mudah menggunakan perangkat tersebut. 3D Printer yang digemari saat ini adalah yang memiliki konektivitas nirkabel, misalnya Wi-Fi, sehingga dapat terhubung langsung dengan perangkat komputer atau bahkan ponsel.

After Sales dan Komunitas

Sebelum membeli 3D Printer ada baiknya Anda sudah mengetahui layanan purna jual dari merek 3D Printer tersebut. Jangan sampai harus menunggu berbulan- bulan hanya karena salah satu bagian perangkat rusak. Selain itu, coba gabung dengan komunitas 3D Printing yang kini menjamur untuk mendapatkan ide dan tips memaksimalkan penggunaan 3D Printer yang akan dibeli.

Cahyandaru kuncorojati
(ars)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6614 seconds (0.1#10.140)