Internet Cepat untuk Apa?

Selasa, 26 Mei 2015 - 08:48 WIB
Internet Cepat untuk Apa?
Internet Cepat untuk Apa?
A A A
BROADBAND atau internet pita lebar mungkin sudah familiar di telinga Anda. Broadband menghadirkan sebuah fasilitas akses internet dengan kecepatan tinggi.

Boleh dibilang saat ini Indonesia sedang berjalan menuju kesana. Pemerintah sudah mulai sadar bahwa negara ini juga harus memiliki akses internet cepat seperti kebanyakan negara maju lainnya. Kemudian muncul pertanyaan yang sempat beredar luas di publik: ”jika internet cepat lalu mau buat apa?” Kedengarannya pertanyaan ini memang mudah sekali dijawab, tapi belum tentu semua orang tahu betul jawabannya.

Hadirnya internet cepat tanpa tahu pemanfaatannya juga akan membuat kita hanya sebagai konsumen belaka atau malah dimanfaatkan oleh pihak lain. Oleh sebab itu kita harus benar-benar tahu yang akan kita lakukan dengan akses internet cepat nantinya. Kami sebagai pihak operator juga memiliki ambisi untuk mewujudkan Indonesia memiliki broadband yang sama baiknya atau lebih dengan negara maju.

Lebih jauh lagi kami ingin menghadirkan manfaat dari broadband dalam bidang komunikasi, inovasi, yang nantinya akan mentransformasi Indonesia yang berkembang di era digital ini. Broadband erat sekali dengan telekomunikasi. Maka jelas bahwa sebuah broadband atau akses internet berkecepatan tinggi sangat berpengaruh terhadap arus komunikasi.

Berkaca ke beberapa belas tahun yang lalu mungkin, kita lihat bahwa komunikasi menggunakan ponsel masih sebatas lewat telepon maupun SMS. Kemudian berkembang lagi lewat email. Kita lihat bahwa kini semakin banyak gadget yang juga dapat difungsikan sebagai alat komunikasi. Nah satu hal yang perlu digaris bawahi adalah komunikasi tersebut kini bergantung kepada internet. Ya, internet sudah menjadi hal penting dalam sebuah komunikasi.

Akses internet yang cepat tentu menghasilkan komunikasi dalam beragam bentuk, baik suara, gambar, video dan lain-lainnya dengan kualitas yang baik serta cepat. Komunikasi dalam hal ini tidak lagi terbatas diantara dua pihak, tapi dalam jumlah banyak seperti penyampaian informasi yang cepat namun tetap akurat.

Oleh karena itu broadband ikut mendukung terhubungnya semua orang di berbagai daerah, apalagi Indonesia yang wilayahnya sangat luas Kami sebagai salah satu operator yang cukup lama melayani negeri ini tentu terus berusaha mengubungkan jaringan broadband dari ujung barat hingga timur Indonesia. Saat ini kami sedang dalam pengerjaan hal tersebut dan ditarget tahun ini seluruh Indonesia sudah terhubung.

Bahkan setelahnya kami juga ingin menghubung Indonesia dengan berbagai benua sehingga negeri ini bisa menjadi hub dari jaringan broadband internasional menggantikan posisi Singapura. Dalam menyonsong broadband yang lebih baik, kami juga mendorong publik untuk dapat memberdayakan infrastruktur yang ada. Bagaimana caranya?

Kami memiliki creative camp dimana kami mendorong dan membimbing para anak muda untuk membuat beragam aplikasi dan perusahaan rintisan digital atau startup yang kami berikan wadah dalam Indigo Incubator. Di Indigo Incubator ini sudah ada 30 startup yang kita biayai untuk dibesarkan. Kami beri biaya untuk mereka membesarkan dan mengkomersialkan startupnya. Startup-startup ini adalah bentuk dari pemanfaatan teknologi dan broadband yang ada saat ini bagi inovasi dan perekonomian berbasis teknologi.

Ya, sudah sepatutnya broadband dimanfaatkan oleh masyarakat tidak hanya untuk mengakses media sosial saja. Namun broadband harusnya menjadi pemicu bagi lahirnya sebuah inovasi. Lihat saja negara seperti Korea dan Jepang yang sudah memiliki broadband yang baik dan cepat. Keduanya sama-sama aktif berinovasi.

Dengan hadirnya broadband yang lebih baik, manusia yang memberdayakan broadband untuk berinovasi secara tidak langsung juga mendorong Indonesia untuk bertransformasi menjadi sebuah negara yang maju karena perkembangan teknologinya.

Harus disyukuri bahwa belakangan ini pemerintah mulai sadar bahwa broadband adalah bagian penting dari investasi teknologi. Bukan lagi sekadar mengadopsi teknologi canggih, tapi juga meningkatkan daya dukung teknologi tersebut.

Abdus Somad Arief,
Direktur Network Telkom
(ars)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3151 seconds (0.1#10.140)