Jangan Musuhi Teknologi

Selasa, 26 Mei 2015 - 08:50 WIB
Jangan Musuhi Teknologi
Jangan Musuhi Teknologi
A A A
Sebagai Ibu dengan tiga orang anak, Shahnaz Haque merasa harus pandai-pandai menempatkan diri di tengah cepatnya kemajuan teknologi.

”Jika tidak mau ketinggalan dengan anak-anak yang sudah mengetahui kecanggihan teknologi, maka kami (saya dan suami) juga harus menempatkan diri sejajar dengan mereka,” katanya. Menurut Shahnaz, eranya dulu jauh berbeda dengan sekarang. ”Sejak lahir anak-anak zaman sekarang sudah terpapar dengan teknologi,” papar public figure sekaligus presenter ini.

Shahnaz memiliki kebijakan yang berbeda-beda untuk ketiga putrinya, Mieke Namira, Charlotte Fatima, dan Pruistin Aisha. Sebab, kebutuhan ketiganya sangat berbeda. ”Yang penting sebagai seorang ibu harus bijaksana dalam mengarahkan anak,” ungkapnya. Wanita kelahiran 1 September 1972 ini mengakui bahwa perangkat seperti smartphone atau tablet memang penting dalam menunjang aktivitas seharihari.

”Hanya bermodal satu perangkat dan akses internet kita sudah bisa mendapatkan berbagai informasi, mulai tutorial memasak hingga make-up,” tuturnya. Untuk itu, ia tidak ingin bermusuhan dengan teknologi. ”Justru kita harus menempatkan diri dengan tanggung jawab. Apalagi ketika melihat anak-anak saya yang harus mengerjakan tugas sekolah dengan memanfaatkan teknologi,” ungkapnya.

”Mau tidak mau saya tidak boleh membatasinya, karena sudah jadi kewajiban mereka melakukan browsing untuk menyelesaikan tugas,” ia menambahkan. Menurut Shahnaz, orang tua janganlah memusuhi teknologi. Tapi, lebih kepada mengajarkan tanggung jawab kepada anak untuk menempatkan teknologi secara tepat. Misalnya dengan memberi batasan penggunaan yang pas dan porsi cukup dalam sosialisasi anak dengan lingkungannya.

”Ketika mereka ingin bermain game, saya batasi hanya pada hari libur. Itupun jika mereka sudah selesai mengerjakan pekerjaan rumah,” katanya. ”Intinya, jika anak-anak saya masih bisa bersosialisasi dengan baik, maka tidak ada yang perlu dikhawatirkan dalam penggunaan gadget,” ia menambahkan.

Binti mufarida
(ars)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6133 seconds (0.1#10.140)