Vaksinasi Cegah Lansia Terinfeksi Berbagai Penyakit

Selasa, 26 Mei 2015 - 10:52 WIB
Vaksinasi Cegah Lansia Terinfeksi Berbagai Penyakit
Vaksinasi Cegah Lansia Terinfeksi Berbagai Penyakit
A A A
JAKARTA - Seiring bertambahnya usia, membuat para lanjut usia (lansia) retan mengalami berbagai infeksi. Infeksi saluran kemih, infeksi saluran cerna, infeksi kulit akibat herpes zoster, pneumonia bakterialis, dan influenza merupakan penyakit yang kerap menyerang lansia.

Ketua Perhimpunan Gerontologi Medik Indonesia (PERGEMI) Siti Setiati menjelaskan, infeksi pada lansia dapat dicegah.

Menurutnya, para lansia harus menjaga higienitas personal serta menjaga mobilitas dan aktivitas fisik mandiri.

"Walaupun sudah lansia, mereka harus tetap menjaga massa otot dan berat badan. Asupan cairan juga harus cukup agar tidak mengalami dehidrasi," papar Siti Setiati di Cikini, Jakarta.

Rumah sakit merupakan salah satu sumber penularan penyakit. Oleh karena itu, Siti menyarankan agar lansia sebaiknya tidak terlalu sering dirawat di rumah sakit. "Kalau masih bisa dirawat di rumah, baiknya memang tidak ke rumah sakit. Apalagi lansia itu juga lebih mudah tertular infeksi," ujarnya.

Sistem kekebalan tubuh yang mulai menurun, mengharuskan lansia mendapatkan vaksinasi. Vaksin tersebut berguna untuk melindung para lansia dari infeksi penyakit tertentu. "Untuk yang sudah berusia di atas 50 tahun, sebaiknya melakukan vaksinasi influenza, pneumonia dan juga herpes zoster," pungkasnya.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2228 seconds (0.1#10.140)