Waspada Benjolan di Kelopak Mata & Siku, Gejala Kolesterol Tinggi

Rabu, 27 Mei 2015 - 10:01 WIB
Waspada Benjolan di Kelopak Mata & Siku, Gejala Kolesterol Tinggi
Waspada Benjolan di Kelopak Mata & Siku, Gejala Kolesterol Tinggi
A A A
JAKARTA - Hiperkolesterolemia familia merupakan kelainan genetik yang membuat kolesterol di berbagai area tubuh, seperti di kelopak mata. Hal ini disebabkan oleh kolesterol yang tinggi.

Dilansir dari Livestrong, penderita kolesterol tinggi memiliki gejala benjolan pada kelopak mata. Namun gejala ini jarang muncul pada orang di bawah usia 30 tahun.

Hiperkolesterolemia familia merupakan kondisi genetik yang turun-temurun dari keluarga. Orang yang memiliki keturunan kolesterol, sejak lahir memiliki kadar kolesterol LDL atau kolesterol jahat yang tinggi.

Hal ini disebabkan oleh gen pengontrol kelebihan kolesterol dalam darah yang cacat. Perlu diketahui, kondisi ini dapat diwarisi dari salah satu orang tua. Namun bagi Anda yang mewarisi keadaan ini dari kedua orang tua, maka kolesterol LDL Anda dapat melebihi 600 mg/dL.

Gejala kolesterol tinggi tidak hanya terlihat dari benjolan kelopak mata, namun benjolan-benjolan kecil pada tendon atau daerah tekanan seperti siku, lutut dan tumit. Untuk menemukan tanda-tanda hiperkolesterolemia, dokter akan memeriksa fisik Anda.

Setelah ditemukan tanda-tanda tersebut, dokter dapat mengirim tes darah untuk menentukan jumlah kolesterol dalam aliran darah Anda. Namun bagi Anda yang memiliki riwayat kolesterol tinggi atau penyakit jantung, dokter akan meminta Anda untuk melakukan tes genetik. Hal ini untuk menentukan apakah Anda memiliki hiperkolesterolemia familial atau tidak.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4766 seconds (0.1#10.140)