Manfaat Bermain Bagi si Kecil

Jum'at, 29 Mei 2015 - 09:45 WIB
Manfaat Bermain Bagi si Kecil
Manfaat Bermain Bagi si Kecil
A A A
JAKARTA - Ahli tumbuh kembang anak, Dr. dr. Soedjatmiko SpA(K) Msi mengungkapkan, bermain aktif menyimpan segudang manfaat bagi si kecil. Sebab, bermain aktif merupakan salah satu bentuk stimulasi multi sensorik untuk mendorong keterampilan motorik dan sensorik anak.

Tidak hanya itu, bermain juga merupakan proses pembelajaran si kecil untuk berbicara, berjalan, berlari dan merasa.

"Dari usia satu sampai tiga tahun, si kecil bertransisi dari masa bayi ke masa batita. Pada masa ini, mereka mencari petualangan baru. Kita sebagai orang tua harus ikut aktif memberikan stimulasi multi sensorik. Misalnya saat bermain, anak sambil diajak mengobrol supaya dia juga lebih cepat belajar bicaranya," papar Soedjatmiko di Lollipop Playland, Lotte Shopping Avenue, Jakarta.

Stimulasi multi sensorik melalui permainan aktif juga mampu merangsang otak, mengembangkan berbagai potensi anak yang mencakup visual, auditori, kognisi, sosio-emosional serta mengembangkan keterampilan motorik kasar dan halus.

"Semua stimulasi yang diberi akan diproses sejak awal. Kalau stimulasi yang diberikan tepat, bayi akan tumbuh menjadi anak yang sehat, ceria, mandiri, cerdas, kreatif dan berperilaku baik," pungkasnya.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7068 seconds (0.1#10.140)