Stasiun Pompa Air di Jerman, Mirip Masjid Turki

Kamis, 04 Juni 2015 - 15:25 WIB
Stasiun Pompa Air di...
Stasiun Pompa Air di Jerman, Mirip Masjid Turki
A A A
JERMAN - Dampfmaschinenhaus, sebuah stasiun pompa air sukses mencuri perhatian. Sebab, bangunan yang terletak di Potsdam, Jerman ini tampak seperti masjid Turki.

Dilansir Amusing Planet, pada abad ke-19, Dampfmaschinenhaus berfungsi menjalankan mesin tenaga uap kekuatan 81,4 HP.

Dampfmaschinenhaus dikabarkan sudah berdiri sejak tahun 1841 dan dibuat oleh arsitek Persius.

Rupanya, bangunan ini permintaan Frederick William IV yang terinspirasi dari bangunan Masjid di Cordoba. Bangunan ini merupakan satu-satunya gedung tertinggi di Potsdam dan bisa dilihat dari Sanssouci Palace yang berjarak 1-2 kilometer.

Sedangkan, untuk teknik mesin yang digunakan untuk memompa air berasal dari Sungai Havel ke Air Mancur di Sanssouci Park. Awalnya, air mancur tersebut dirancang oleh Prusia Raja Frederick Agung pada tahun 1750. Air mancur ini merupakan salah satu bentuk investasi Frederick untuk perkebunan Baroque.

Menariknya, air mancur ini memiliki ketinggian mencapai 38 meter. Air ini juga berfungsi untuk mengairi kolam dan Air Mancur di depan istana Sanssouci, serta menyirami semua pepohonan di taman istana.

Sejak 1937, pompa dijalankan oleh dua pompa sentrifugal yang digerakkan oleh tenaga listrik. Pada September 1985, rumah mesin uap ini diubah menjadi museum dan monumen teknis untuk dibuka secara umum. Museum ini berisikan banyak pameran permanen yang memberikan informasi tentang sejarah bangunan dan mesin.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1086 seconds (0.1#10.140)