Mudah Depresi, Libatkan Lansia Dalam Kegiatan Sosial

Minggu, 07 Juni 2015 - 06:05 WIB
Mudah Depresi, Libatkan Lansia Dalam Kegiatan Sosial
Mudah Depresi, Libatkan Lansia Dalam Kegiatan Sosial
A A A
JAKARTA - Seiring bertambahnya usia, membuat daya tahan tubuh kelompok lanjut usia (lansia) menurun. Keadaan ini membuat para lansia rentan menderita penyakit degeneratif hingga depresi.

Bagi mereka yang memasuki masa pensiun, keadaan ini kerap terjadi. Parahnya, kondisi ini semakin diperburuk dengan penyakit yang dideritanya.

"Para lansia kebanyakan mengalami penyakit degeneratif seperti hipertensi atau diabetes mellitus. Bila mengalami depresi, umumnya mereka tidak lagi memperhatikan kesehatan dan jadi malas minum obat. Padahal, penanganan penyakit degeneratif harus dengan mengonsumsi obat setiap hari," papar Direktur Bina Kesehatan Jiwa Kementerian Kesehatan, Eka Viora di Cikini, Jakarta.

Lebih lanjut Eka menjelaskan, keadaan lansia yang mudah mengalami depresi mengharuskan mereka dilibatkan dalam berbagai kegiatan sosial. Para lansia dapat mengikuti kegiatan pengajian, mengunjungi panti asuhan, atau reuni dengan teman-teman masa mudanya.

"Jangan posisikan lansia sebagai orang yang sudah tidak berguna lagi. Misalnya melarang dia ikut membantu pekerjaan rumah karena takut jatuh. Ini sebetulnya bentuk kasih sayang yang keliru karena justru membuat mereka merasa tidak dibutuhkan lagi. Jadi sebaiknya jangan terlalu banyak melarang," pungkasnya.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4452 seconds (0.1#10.140)