Anak-Anak dan Lansia Rentan Terserang MERS

Rabu, 10 Juni 2015 - 15:27 WIB
Anak-Anak dan Lansia Rentan Terserang MERS
Anak-Anak dan Lansia Rentan Terserang MERS
A A A
JAKARTA - Belakangan ini dunia tengah digemparkan dengan penyebaran virus MERS Co-V. Bahkan, di Korea Selatan (Korsel) sebanyak 108 orang dikabarkan sudah terinfeksi, sembilan di antaranya meninggal dunia.

Menurut Kementerian Kesehatan RI, MERS merupakan suatu penyakit yang disebabkan oleh corona virus yang disebut dengan Middle East Respiratory Syndrome Coronavirus (MERS-CoV).

Virus ini sangat berbeda dengan virus lainnya. Pasalnya, virus ini mirip dengan corona virus yang ada pada kelelawar. Sedangkan untuk penularan terjadi dari hewan onta dan secara ilmiah belum terbukti diyakini menular.

"Virus ini sama seperti virus yang menyerang pernafasan lainnya. Virus corona sangat mudah menyebar melalui udara," papar dr. Frans Abednego Barus, Sp.P melalui Meetdoctor.

Frans menjelaskan, virus mematikan ini menyerang mereka dengan kekebalan tubuh yang rendah. "Seperti orang yang sedang sakit, lansia, anak kecil, orang yang sedang kelelahan dalam perjalan dan makan tidak teratur," kata dia.

Dilansir dari Reuters, Kementerian Kesehatan Korsel menyatakan, sejak terdeteksi 20 Mei 2015, virus MERS terus menjangkit warga Korsel setiap harinya.

Dua korban tewas terbaru adalah seorang wanita berusia 75 tahun dan seorang pria berusia 62 tahun. Mereka adalah pasien yang dirawat di Samsung Medical Centre, rumah sakit besar di Seoul Selatan.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5991 seconds (0.1#10.140)