Fitur Keamanan Berlapis Honda Accord

Kamis, 11 Juni 2015 - 09:54 WIB
Fitur Keamanan Berlapis...
Fitur Keamanan Berlapis Honda Accord
A A A
SETIDAKNYA ada tiga fitur Honda Sensing di New Honda Accord VTi-L ES yang diperkenalkan di Jakarta, Rabu (3/6) pekan lalu. Fitur itu antara lain collision mitigation braking system (CMBS), adaptive cruise control (ACC), dan lane keeping assist system (LKAS).

Honda Sensing merupakan upaya Honda untuk mengurangi risiko kecelakaan di produk mobil mereka. Targetnya pada 2020 mendatang risiko kecelakaan bisa berkurang hingga 50%, yakni menjadi nol pada 2030, dan benar-benar bisa dicegah pada 2040. Teknologi Honda Sensing merupakan sistem keamanan canggih yang menggunakan dua tipe sensor.

Sensor pertama adalah monocular camerayang terpasang di bagian dalam kaca depan. Adapun sensor millimeter wave radar dibenamkan di grilldepan. Fungsi kedua sensor tersebut adalah mendeteksi lingkungan eksternal dan membantu mengurangi risiko terjadinya kecelakaan. Monucular camera, misalnya, mampu mengidentifikasi atribut dan ukuran pejalan kaki, berikut target objek lainnya dalam rentang jarak deteksi kurang lebih 60 meter di depan kendaraan.

Nah, setidaknya ada 3 fitur utama Honda Sensing yang dibenamkan di New Honda Accord VTi-L ES. ACC membantu mobil menjaga kecepatan dalam interval tertentu (misalnya di jalan kosong) sehingga pengemudi tidak ribetmenaikturunkan kecepatan. CMBS dalam hal ini akan mengeluarkan suara jika akan terjadi benturan dengan kendaraan di depan sambil mengerem otomatis jika dibutuhkan. LKAS akan memaksa tuas kemudi bergerak tetap di jalurnya jika mobil keluar jalur tanpa terlebih dulu mengaktifkan lampu sein.

”Honda Accord identik dengan kemewahan, prestise, dan inovasi teknologi dari generasi ke generasi,” kata Presdir PT Honda Prospect Motor (HPM) Tomoki Uchida. ”Kami kembali memberikan terobosan dalam desain dan teknologi di generasi kesembilan ini,” sebutnya. New Honda Accord VTi-L ES dengan Honda Sensing ini hadir dalam empat pilihan warna, dan dibanderol mulai Rp650 juta (on the roadJabodetabek).

Di Indonesia, Accord telah terjual sebanyak 79.336 unit sejak 1978 hingga April 2015. Mobil tersebut terjual 1.724 unit pada 2013, 395 unit pada 2014, dan 270 unit sepanjang Januari-April 2015. Model tersebut bersaing dengan Nissan Teana, BMW Seri 3, Mazda6, dan Toyota Camry.

Danang arradian
(ars)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1048 seconds (0.1#10.140)