Rokok Bisa Sebabkan Diabetes

Jum'at, 12 Juni 2015 - 18:10 WIB
Rokok Bisa Sebabkan Diabetes
Rokok Bisa Sebabkan Diabetes
A A A
NEW DELHI - Fakta mengenai rokok kembali ditemukan. Selain menyebabkan jantung, kanker hingga kematian, perokok dikabarkan memiliki risiko tiga kali lipat menderita diabetes.

Dilansir dari Zeenews, Konsultan Dokter dan Rumah Sakit Diabetologist India, Salome Phelamei menjelaskan, kadar gula darah yang tinggi menyebabkan komplikasi. Penyakit tersebut seperti serangan jantung, stroke, gagal ginjal hingga kerusakan saraf.

"Tembakau dapat meningkatkan kadar gula darah dan menyebabkan resistensi insulin dalam tubuh. Penelitian menunjukkan peningkatan penyakit diabetes tiga kali lipat pada perokok dibandingkan nonperokok," papar Salome.

Merokok merupakan salah satu penyebab munculnya komplikasi diabetes. Hal ini disebabkan oleh efek metabolik dalam tubuh yang membuat kerusakan pada lapisan dalam pembuluh darah.

"Merokok dapat merusak lapisan pembuluh darah dan menyebabkan penumpukan (deposit) dan pengerasan lemak di arteri (aterosklerosis). Kondisi ini menyebabkan penyempitan pembuluh darah (vasokonstriksi) dan risiko pembentukan bekuan darah di arteri yang mengarah ke serangan jantung," pungkas dia.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6861 seconds (0.1#10.140)