Akses Jutaan Lagu dalam Sekali Klik

Selasa, 16 Juni 2015 - 10:24 WIB
Akses Jutaan Lagu dalam Sekali Klik
Akses Jutaan Lagu dalam Sekali Klik
A A A
Semakin meningkatnya jumlah pengguna smartphone serta fasilitas internet cepat, membuat semakin maraknya layanan streaming musik di kalangan anak muda.

Hal itu diungkap oleh Jamie Robertson, VP Head MixRadio untuk Asia Pasifik. Menurutnya, semakin banyak yang merasakan kecanggihan teknologi dalam genggaman, maka semakin banyak orang menginginkan segalanya begitu mudah. Termasuk ketika ingin mendengarkan musik. Menurut Jamie, streaming musik menjadi pilihan ketika smartphone terbatas oleh kapasitas memori.

Dengan streaming, pengguna mengakses lagu langsung dari cloud, sehingga tidak perlu lagi menyimpan ribuan lagu di ponsel. ”Pengguna hanya memerlukan koneksi internet yang akan menghubungkan dengan layanan musik serta beragam jenis musik,” ungkap Jamie.

Menariknya, streaming musik juga ikut menghargai karya seorang musisi. Selama ini masyarakat hanya memiliki dua opsi untuk mendengarkan lagu: membeli lagu/album atau mengunduh lagu bajakan melalui perangkat mereka. Dari dua opsi tersebut, kecenderungannya adalah mengunduh lagu bajakan.

Demikian diungkap oleh penyanyi Marcell Siahaan yang merasa resah terhadap maraknya pembajakan. “Melalui streaming lagu, tentu masyarakat memperoleh lebih banyak opsi untuk mendengarkan karya dari seorang musisi,” ungkap mantan suami Dewi “Dee” Lestari ini.

Streaming lagu, menurut Marcell, bisa diartikan sebagai membeli lagu dengan data internet. Dengan demikian streaming merupakan langkah untuk menghargai karya yang dihasilkan oleh musisi tanpa harus mengunduh lagu bajakan. MixRadio yang sudah berdiri sejak 1999 sebelumnya memang dikenal sebagai layanan yang eksklusif untuk perangkat Nokia/Microsoft.

Tapi, pada Desember 2014 silam mereka diakuisisi oleh perusahaan internet messaging Line asal Jepang, membuat layanan mereka saat ini tersedia di platform Android dan iOS. Aplikasi tersebut juga memiliki Line Official Account, MixRadio Indonesia, dan satu set stiker Line gratis.

Menurut Jamie, koleksi perpustakaan lagu MixRadio telah mencapai 36 juta lagu dari beragam genre dan tersedia di 31 negara. Di Indonesia pun pengguna bisa mendengarkan jenis musik Jazz hingga keroncong. ” Kami berharap nantinya semakin banyak orang yang bisa menikmati jenis musik favorit hanya dengan menekan satu tombol,” ungkap Jamie.

Setiap harinya, ia melanjutkan, pengguna smartphone akan menemukan jenis-jenis musik baru. Pengguna pun tidak perlu khawatir terhadap status lagu yang diperdengarkan. ”Kami telah memiliki perjanjian dengan pihak label rekaman. Setiap lagu yang diperdengarkan melalui aplikasi MixRadio atau diunduh, akan kami bayar sesuai kesepakatan,” ungkap Jamie.

Dengan begitu, musisi tidak khawatir lagunya dibajak. Sementara konsumen atau pengguna aplikasi dapat menikmati lagu secara gratis dengan legal, tanpa merasa bersalah. Di Indonesia, layanan MixRadio cukup dikenal dalam 5 tahun terakhir. Jamie merasa pengalaman itu sangat berharga untuk mengetahui bagaimana tingkah laku konsumen di Indonesia. Termasuk untuk menciptakan produk yang tepat.

Salah satunya adalah mendengarkan musik secara offline untuk menghemat layanan data. Respon yang mereka dapat setelah “membuka diri” terbilang luar biasa. Dalam sepekan, akun MixRadio Indonesia di Line memiliki 280.000 anggota.

Binti mufarida
(ftr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6635 seconds (0.1#10.140)