Kenalkan Anak dengan Buah dan Sayur Sejak Dini

Selasa, 16 Juni 2015 - 18:30 WIB
Kenalkan Anak dengan Buah dan Sayur Sejak Dini
Kenalkan Anak dengan Buah dan Sayur Sejak Dini
A A A
JAKARTA - Seribu Hari Pertama Kehidupan (1000 HPK) merupakan periode emas yang berperan besar untuk kesehatan di masa yang akan datang. Pembentukan pola makan sehat sejak dini akan membangun pola makan yang sehat di masa datang.

Anak yang sudah terbiasa mengonsumsi Makanan Pendamping ASI (MPASI) berupa sayur dan buah sejak usia 6 bulan berpengaruh pada perilaku konsumsi sayur dan buah hingga usia dewasa. Guru Besar di Departemen Ilmu Kesehatan Anak FKUI-RSCM Prof. Dr. Agus Firmansyah SpA(K), mengatakan memperkenalkan MPASI secara teratur akan baik untuk kesehatan pencernaan.

"Pada masa ini, memperkenalkan MPASI buah dan sayur secara bertahap dan teratur, tidak saja akan menyediakan serat yang dibutuhkan bagi kesehatan pencernaan, tapi juga akan membentuk preferensi terhadap buah dan sayur yang akan mereka bawa sampai usia dewasa,” ujar Prof. Dr. Agus Firmansyah SpA(K), di Jakarta.

Lebih lanjut, Ia mengatakan Kecukupan serat sejak dini juga menurunkan risiko terkena berbagai penyakit. "Penyakitnya seperti peradangan, alergi, diare, jantung, kanker, dan darah tinggi pada usia dewasa,” katanya.

Serat yang dibutuhkan bagi pencernaan anak terdiri dari serat yang larut dan serat yang tidak larut. Adapun makanan yang merupakan sumber serat adalah buah-buahan dan sayur-sayuran. Pengenalan buah dan sayur ini perlu dilakukan secara bertahap yang mana diketahui bahwa pisang, pepaya, bayam dan wortel merupakan buah dan sayur yang sering diberikan di Indonesia.

“Di samping mengandung serat, buah-buahan dan sayur-sayuran seperti pisang dan wortel juga mengandung prebiotik, vitamin dan mineral yang mendukung tumbuh kembang anak,” jelasnya.

Tentunya, lanjut Agus, pemberian paparan rasa dari makanan bergizi tinggi seperti sayur-sayuran dan buah-buahan pada anak pada saat dimulainya pemberian MPASI akan mendukung penerimaan rasa sayur-sayuran dan buah-buahan. Sehingga dapat mendukung konsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran anak di masa yang akan datang.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5658 seconds (0.1#10.140)