Rekaman Cepat Lagu Hit

Rabu, 17 Juni 2015 - 10:28 WIB
Rekaman Cepat Lagu Hit
Rekaman Cepat Lagu Hit
A A A
Semua musisi sepakat jika membuat sebuah karya, baik single maupun album, tidak bisa dilakukan dengan cepat, butuh proses yang panjang. Kalau pun pengerjaannya cepat, hasilnya tidak maksimal.

Tapi ada musisi dalam hitungan menit bisa buat lagu hit. Sebelum sebuah lagu bisa menjadi hit yang diputar di stasiun radio atau direview di majalah ataupun website , tentunya ada perjalanan panjang dalam proses pembuatan lagu. Ada berbagai macam cara bagi musisi untuk membuat lagu, mulai mencari referensi dari lagu lain, bersantai menunggu ilham yang biasanya datang dengan sendirinya atau berbagai macam cara.

Setelah selesai menulis, masih ada proses rekaman vokal dan berbagai instrumen musik lainnya. Proses ini tidak semudah dan secepat yang dibayangkan, termasuk saat masuk dapur rekaman. Tidak ada yang menyangka jika lagu Sweet Dreams yang dipopulerkan Beyonce, ternyata hanya membutuhkan tempo 15 menit proses rekaman. Hal tersebut sebenarnya tidak sengaja terjadi karena dia sedang terburu-buru untuk menghadiri konser Jay-Z pada hari itu.

“Beyonce datang terlambat enam jam dari jadwal rekaman yang ditentukan karena saat itu sedang terjadi badai terburuk sepanjang masa di Miami” kata Rico Love, penulis lagu Sweet Dreams , seperti yang dilansir Us Weekly. Rico mengaku, lagu Sweet Dreams baru dia berikan saat itu juga, sesampainya Beyonce di studio rekaman. Lagu ciptaan Rico bersama penulis lainnya ini akhirnya membuat Beyonce terpikat.

Tidak lama setelah mendengarkan lagu tersebut, Beyonce langsung masuk ke dalam studio rekaman dan segera merekamnya dalam waktu kurang dari 15 menit. Proses rekaman seperti itu biasanya akan menghasilkan lagu yang tidak maksimal karena tidak ada pemanasan dan yang pasti mengharuskan penyanyi mengulang-ulang proses rekaman karena suara yang keluar tidak sempurna.

Namun tidak untuk Beyonce, hasil rekaman tersebut ternyata berhasil membuat lagu Sweet Dreams menduduki tangga nomor satu di beberapa chart radio dan tentunya masuk 10 besar Billboard Hot 100 Chart. Rekaman supercepat ini juga bersaing dengan Sia, pelantun lagu Chandelier . Lagu tersebut juga direkam dalam kurun waktu kurang dari 15 menit.

Sia menjelaskan, proses penulisan lagu yang sempat menduduki urutan pertama di Billboard Top 100 Chart ini tidak memakan waktu lama. “Waktu yang diperlukan untuk menulis kord Chandelier itu sekitar empat menit, kemudian 12-15 menit untuk menulis liriknya,” kata Sia dalam situs US Website . Lagu ciptaan Sia lainnya, yaitu Diamonds yang dipopulerkan Rihanna. Lagu itu ditulis dalam waktu 14 menit.

Lorde, penyanyi perempuan asal New Zealand, memiliki bakat untuk menciptakan single dalam kariernya sebagai penyanyi dan penulis lagu. Royals merupakan judul lagu Lorde yang dibuat bersama temannya, Joel Little. Single itu berhasil memenangkan piala Grammy untuk kategori song of the year . Lagu itu ditulis dalam waktu kurang dari satu jam pada saat Lorde masih berumur 15 tahun.

Fatturahman hakim
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7707 seconds (0.1#10.140)
pixels