Persepsi Salah Soal Berat Badan Anak

Jum'at, 19 Juni 2015 - 09:36 WIB
Persepsi Salah Soal Berat Badan Anak
Persepsi Salah Soal Berat Badan Anak
A A A
Anggapan bahwa anak sehat adalah mereka yang berbadan montok, salah besar. Justru anak dengan berat badan berlebih berpotensi memiliki penyakit di kemudian hari.

“Persepsi ini konsisten dengan penelitian sebelumnya yang menyebutkan, masih banyak orang tua yang memiliki persepsi yang salah soal berat badan anak prasekolah,” ungkap Dustin Duncan, seorang asisten profesor dari NYU Langone Medical Center di New York sebagaimana yang dikutip dari situs HealthDaydari rilis yang diterbitkan NYU Langone Medical Center.

Penelitian yang dilakukan Dustin Duncan dan lainnya menganalisis data dari orang tua di Amerika yang terlibat dalam survei nasional pada 1988–1994 dan 2007–2012. Kelompok survei pertama meliputi orang tua dari lebih dari 3.800 anak-anak dan kelompok survei kedua meliputi orang tua dari hampir 3.200 anak-anak.

Para orang tua diberikan pertanyaan apakah mereka menganggap anak mereka (yang berusia sekitar 2–5 tahun) berada dalam kelompok berat badan yang “kurang”, “tepat”, atau “lebih”. Di antara orang tua dari anak laki-laki yang kelebihan berat badan, sekitar 97% dari mereka adalah kelompok survei pertama.

Sementara 95% dari mereka yang di survei kelompok kedua percaya bahwa anak-anak mereka berada pada berat badan yang tepat. Di antara orang tua dari anak perempuan yang kelebihan berat badan, sekitar 88% adalah kelompok survei pertama. Adapun 93% dari mereka yang disurvei kelompok kedua percaya bahwa anakanak mereka berada pada berat badan yang tepat.

Anak-anak yang tergolong dalam kelompok survei yang kedua lebih banyak yang dianggap “kelebihan berat badan” daripada kelompok yang kedua. Oleh karena itu, menurut para peneliti, temuan ini menunjukkan bahwa persepsi orang tua terhadap berat anakanak mereka relatif tidak berubah adalah mengkhawatirkan.

Temuan penelitian ini penting karena orang tua yang mengakui bahwa anak-anak mereka kelebihan berat badan memiliki kemungkinan yang lebih besar untuk membantu anak-anak mereka menjadi langsing.

Larissa huda
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7086 seconds (0.1#10.140)