Cara Mengobati Cedera Tanpa Diurut

Sabtu, 20 Juni 2015 - 08:17 WIB
Cara Mengobati Cedera Tanpa Diurut
Cara Mengobati Cedera Tanpa Diurut
A A A
JAKARTA - Tukang urut kerap kali diandalkan saat mengalami cedera. Namun, tahukah Anda, sembarangan mengurut pada otot, sendi atau tulang yang cedera dapat memperparah kondisi?

Spesialis kedokteran fisik dan rehabilitasi dari Klinik Flex Free, dr Arif Soemarjono menjelaskan, urut dapat menambah trauma di sekitar jaringan.

"Terapi urut hanya akan menambah trauma di sekitar jaringan yang cedera. Untuk mengobati cedera sebaiknya nggak boleh membuat sakit," papar Arif di Jakarta.

Lebih lanjut Arif menjelaskan, PRICE merupakan terapi yang tepat saat seseorang mengalami cedera otot, tulang, sendi seperti keseleo. Terapi PRICE terdiri dari P untuk Protection, R untuk Rest, I untuk Icing, C untuk Compression, dan E untuk Elevation.

1. Protection
Segera lindungi daerah cedera. Jauhi cedera dari kemungkinan tertekan atau kembali cedera. Jika cedera terdapat di kaki, tidak dianjurkan untuk dipergunakan jalan.

2. Rest
Istirahatkan daerah yang mengalami cedera dengan tahap perlindungan di atas. Cedera harus diistirahatkan setidaknya sampai tiga hari. Namun, cedera akut akan sembuh dalam waktu tiga hari atau kurang.

3. Icing
Icing atau mengompres bagian otot atau sendi yang cedera dengan es. Hal ini sangat disarankan oleh pakar kesehatan. Pasalnya, cedera akan menimbulkan peradangan yang bersifat panas, sehingga pemberian es pada daerah cedera akan dapat meredakan peradangan.

"Beri kompres lima menit setiap empat jam sekali pada radang yang akut. Ini sudah pernah dilakukan penelitiannya, dan terbukti dapat menyembuhkan cedera degan cepat," kata dr Arif.

Tidak dianjurkan untuk menggunakan balsam atau obat luar. Pasalnya, pemberian obat luar memicu pembengkakan. Hindari obat panas saat cedera.

4. Compression
Saat mengompres berikan sedikit tekanan pada daerah yang mengalami cedera. Hal ini dapat membantu mempercepat penyembuhan.

5. Elevation
Agar darah tidak mengumpul pada daerah yang meradang, dianjurkan untuk mengangkat bagian
yang cedera lebih tinggi dari posisi jantung. Lakukan hal ini sampai bengkak terlihat berkurang.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7643 seconds (0.1#10.140)