Tradisi yang Telah Lama Hilang

Sabtu, 20 Juni 2015 - 10:54 WIB
Tradisi yang Telah Lama Hilang
Tradisi yang Telah Lama Hilang
A A A
FILM drama religi ini sepertinya bisa menjadi teman menunggu beduk magrib yang pas atau menikmati libur Lebaran.

Mencari Hilal yang disutradarai Ismail Basbeth menceritakan tentang tradisi mencari hilal. Di benak Mahmud, 60, tak ada yang lebih mulia selain tulus berjuang menerapkan perintah Islam secara kaffah dalam semua aspek hidup. Bertahun-tahun lamanya Mahmud berdakwah agar setiap orang percaya bahwa Islam adalah satusatunya solusi semua persoalan hidup.

Sayangnya semangat Mahmud tercederai saat mendapati adanya isu sidang Isbat Kementerian Agama yang menelan dana Rp9 miliar untuk menentukan hilal. Perasaan terpukulnya atas realita itu membuatnya teringat lagi tradisi mencari hilal yang dilakukan pesantrennya dulu.

Sebuah tradisi yang sarat makna spiritual yang lama tak berjalan lagi sejak pesantrennya bubar puluhan tahun lalu. Di pengujung umurnya yang menua, Mahmud ingin mengulang tradisi itu untuk membuktikan kepada semua orang bahwa ibadah tidak dibuat untuk memperkaya diri.

Hilal bisa ditemukan tanpa harus menelan biaya miliaran. Namun, niat ini terhalangi oleh kedua anaknya, Halida dan Hanifah, yang melarang Mahmud dengan alasan kesehatan. Akankah niat mulia Mahmud ini terwujud?

Susi susanti
(ftr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7132 seconds (0.1#10.140)