Tips Menstimulasi Anak

Senin, 22 Juni 2015 - 10:33 WIB
Tips Menstimulasi Anak
Tips Menstimulasi Anak
A A A
SI kecil yang distimulasi dengan baik sejak dini ke depannya akan mampu menyelesaikan berbagai permasalahan dari yang sederhana hingga yang sulit. Anak juga menjadi lebih percaya diri dan berani untuk mengembangkan berbagai ide. Berikut tips memberikan stimulasi kepada anak

Daripada hanya memberi perintah kepada anak, berikan contoh yang baik dengan kasih sayang setiap hari kepada si kecil, hal ini akan lebih efektif. Misalnya berbicara, bersosialisasi, toleransi, bersalaman, menggambar, dan lain sebagainya.

Setelah melihat contoh dari orang tua, beri si kecil kebebasan untuk mencoba, meniru, dan mengulangi. Dengan mencoba dan mengulangi, si kecil akan membiasakan diri.

Hindari terlalu banyak mengoreksi anak terlebih dahulu ketika sedang mencoba dan meniru. Jangan pula mencela si kecil.

Berikan pujian dan penghargaan untuk sekecil apa pun pencapaian yang didapat oleh si kecil agar dia merasa percaya diri. Si kecil yang percaya diri akan lebih berani untuk bereksplorasi.

Penghargaan bisa diberikan, misalnya dengan cara memeluk anak. Sementara pujian disampaikan dengan cara lemah lembut dan kasih sayang. Berikan saran kepadanya kalau memang dibutuhkan.

Novi
(ftr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4404 seconds (0.1#10.140)