Shah Jahan, Masjid Cantik dan Tertua di Inggris

Kamis, 25 Juni 2015 - 06:06 WIB
Shah Jahan, Masjid Cantik dan Tertua di Inggris
Shah Jahan, Masjid Cantik dan Tertua di Inggris
A A A
LONDON - Shah Jahan, merupakan masjid cantik yang terletak di negara dengan penduduk Islam tidak banyak, yaitu Inggris. Masjid ini juga dikabarkan sebagai masjid tertua di Inggris.

Dilansir dari laman Shah Jahan Mosque, masjid ini sangat terkenal dan menjadi sorotan dunia. Menariknya, Shah Jahan menjadi masjid pertama yang dibangun di Inggris dan Eropa Utara. Bahkan, masjid ini masuk dalam daftar bangunan cagar budaya.

Masjid yang terdaftar sebagai bangunan bersejarah ini dibangun pada tahun 1889, oleh seorang dokter keturuan Yahudi Hungaria, Dr Gottlieb Wilhelm Leitner. Shah Jahan, terletak di Jalan Oriental di Woking, tiga perempat mil dari stasiun kereta api dan pusat kota,

Shah Jahan dibangun dengan arsitektur yang sangat cantik dan bergaya India Mughal. Namun sejak tahun 1995, masyarakat setempat telah merenovasi masjid ini dan mengembalikan keanggunan aslinya.

Selain salat lima waktu, masjid Shah Jahan kerap dimanfaatkan sebagai tempat pertemuan masyarakat Muslim lokal. Tidak hanya itu, masjid ini juga mendukung dan mempromosikan pendidikan agama dan menyediakan kelas-kelas reguler untuk anak-anak dan orang dewasa untuk belajar agama Islam.

Keindahan masjid ini berhasil menarik perhatian para wisatawan. Sebab, masjid ini kerap menjadi tujuan wisata siswa SD dan SMP yang membutukan informasi pemahaman sejarah masjid ini dan tentang Islam.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4075 seconds (0.1#10.140)