Aplikasi Alquran Digital

Selasa, 07 Juli 2015 - 07:27 WIB
Aplikasi Alquran Digital
Aplikasi Alquran Digital
A A A
Belakangan ini Acha Septriasa aktif mengakses aplikasi kitab suci Alquran dari ponselnya.

Selain ingin lebih aktif membaca ayat-ayat suci selama Ramadan, mantan kekasih Irwansyah ini rupanya sedang terlibat aktif dalam proyek Quran Indonesia Project. Quran Indonesia Project dirancang agar generasi muda lebih mudah dalam mengakses Alquran lewat gadget. Ternyata, Acha ikut membacakan salah satu surat.

”Sebenarnya aku di sini (mengaji) bukan bermaksud untuk menggurui dengan merekam audio suara mengaji. Aku juga masih belajar. Apalagi aku juga awalnya enggak paham ilmu tajwid (ilmu membaca Alquran). Tapi, sekarang jadi tahu tentang teknik membaca Alquran yang baik dan benar,” ujar Acha kepada KORAN SINDO usai jumpa pers selamatan film Bulan Terbelah di Langit Eropa di Istanbul cafe & resto, kawasan Ampera, Sabtu (20/6) silam.

Dara kelahiran Jakarta, 1 September 1989 ini mengaku bangga menjadi bagian dari proyek tersebut. Ia kebagian membaca surat Al-Fath, termasuk tafsirnya dalam bahasa Indonesia dan Inggris. Tak ada alasan, bagi Acha, untuk menolak terlibat di proyek tersebut. Sebab, tujuannya adalah menyebarkan pesan baik dalam Alquran kepada generasi muda agar semangat dan tak bosan mendalami ilmu agama. Tentu saja ada kaidah yang harus dicapai.

Selain banyak latihan, saat rekaman pun Acha ditemani ahli tajwid. ”Banyak juga koreksi panjang pendeknya dalam melafazkan doa. Di sini aku jadi belajar lagi,” kenang Acha yang begitu antusias saat proses merekam ayat Al Fath ayat 27-29. Kekasih dari Radipto Indra Rukmana ini mengaku ada alasan tertentu memilih surat tersebut. Selain sudah hafal, ia juga pernah membacakannya saat ikut lomba membaca Alquran.

“Dulu saya pernah ikut lomba MTQ, dan membaca surat itu di Jawa Timur,” kata perempuan berdarah Sunda ini yang menyebut butuh waktu dua jam untuk rekaman. Pemilik nama lengkap Jelita Septriasa ini menilai, dengan adanya cara praktis menyimak Alquran, yakni melalui aplikasi, Acha berharap semakin banyak anak muda yang terpanggil untuk mengaji dan membuka wawasan tentang Alquran. ”Akses Alquran bisa melalui gadget, praktis!” katanya.

Thomasmanggalla
(ars)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3955 seconds (0.1#10.140)