Makanan Penyebab Bau Mulut

Selasa, 07 Juli 2015 - 08:49 WIB
Makanan Penyebab Bau Mulut
Makanan Penyebab Bau Mulut
A A A
DAGING MERAH

Daging merah merupakan salah satu makanan yang menimbulkan aroma yang kurang sedap pada mulut dan bau badan. Ini disebabkan daging adalah makanan yang agak sulit dicerna oleh tubuh dan kemungkinan besar mengeluarkan gas yang kurang sedap pada tubuh.

BAWANG PUTIH

Bawang putih, bawang bombai, dan bawang merah memiliki aroma yang kuat dan jika dikonsumsi bisa menyebabkan bau mulut bahkan bau badan menjadi kurang sedap. Bau yang dihasilkan pun kadang bisa bertahan beberapa jam hingga berhari-hari.

MAKANAN BERSERAT

Makanan baik yang tinggi serat maupun rendah serat bisa memicu timbulnya aroma kurang sedap pada mulut, yang menjadi penyebabnya yaitu serat yang mengandung metana, karbondioksida, dan hidrogen yang memiliki sifat mengeluarkan gas ketika dicerna oleh tubuh.

JUNK FOOD

Junk food mengandung lemak yang memaksa pencernaan bekerja untuk mengolahnya. Namun, banyak orang yang kurang menyadari penyebab bau mulut yang satu ini.

PRODUK SUSU

Susu merupakan minuman yang sehat, namun jika dikonsumsi secara berlebihan, susu akan berdampak kurang baik bagi aroma mulut dan aroma badan Anda. Jadi, mungkin saja aroma kurang sedap tersebut akan mengganggu orang-orang yang berada di sekitar Anda.

PERMEN

Permen selain dapat merusak gigi Anda, ternyata bisa menjadi pemicu bau mulut yang tak sedap. Ini disebabkan kandungan gula pada permen. Pada saat berinteraksi dengan gula, bakteri yang ada dalam mulut dipercaya mengeluarkan zat yang membuat mulut menjadi berbau kurang sedap.

TELUR

Telur juga bisa memicu munculnya bau mulut karena telur mengandung banyak protein. Ketika bereaksi dengan cairan asam yang ada pada saluran pencernaan, protein akan melepaskan bau kurang sedap yang bisa terbawa kembali oleh udara pernapasan dan keluar melalui rongga mulut.

KOPI

Kopi juga merupakan salah satu penyebab munculnya bau mulut. Keasaman dan enzim alami yang ada pada kopi menyatu dengan air liur yang ada pada mulut sehingga menyebabkan mulut beraroma tak sedap.
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0544 seconds (0.1#10.140)
pixels