Manfaat Buah Cranberry bagi Kesehatan

Selasa, 07 Juli 2015 - 08:49 WIB
Manfaat Buah Cranberry bagi Kesehatan
Manfaat Buah Cranberry bagi Kesehatan
A A A
Buah cranberry ternyata memiliki khasiat luar biasa bagi kesehatan. Buah ini termasuk ke dalam golongan buah beri dan termasuk ke dalam makanan sehat. Dalam satu cangkir cranberry hanya mengandung 25 kalori.

Selain itu, berdasarkan sebuah penelitian yang dilansir dari situs Daily Mail , meminum jus cranberry secara rutin dapat mengurangi risiko stroke, penyakit jantung, dan diabetes. Secara alami, buah cranberry mengandung polifenol yang merupakan senyawa pelindung yang mendukung pertahanan alami tubuh.

Polifenol dapat berperan melindungi sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas dengan cara mengikat radikal bebas sehingga mencegah proses inflamasi dan peradangan pada sel tubuh. Sebuah penelitian dari Departemen Pertanian di Amerika Serikat mengamati sebanyak 56 partisipan untuk menguji khasiat buah cranberry tersebut.

Partisipan tersebut kemudian dibagi ke dalam dua kelompok yang diberikan diet kontrol. Kelompok pertama diminta untuk meminum sekitar empat per lima dari pint jus cranberry dengan rendah kalori dalam sehari. Sementara kelompok lainnya diberikan plasebo dengan warna yang sama dan rasa.

Peneliti akan mengambil pengukuran indikator kesehatan partisipan dengan mengukur tekanan darah, kadar gula darah, dan kandungan lemak darah. Setelah delapan minggu, mereka yang meminum jus cranberry mengalami peningkatan terhadap pengukuran indikator tersebut.

Perubahan terjadi ternyata menunjukkan terdapat penurunan risiko stroke hingga 15% dan penurunan risiko penyakit jantung mencapai 10%. “Pada awal dan akhir percobaan, para peneliti mengukur hal-hal seperti tekanan darah, kadar gula darah, lemak darah, serta protein C-reaktif, penanda inflamasi,” kata Christina Khoo PhD, Director of Research Sciences di Ocean Spray, Amerika.

Hasil temuan penelitian ini menerangkan, polifenol dapat membantu menjaga kondisi tubuh dan mampu menjaga tubuh dari serangan berbagai penyakit. Dibandingkan buah lain, seperti apel, blueberry , anggur, dan ceri, cranberry paling kaya polifenol.

Larissa huda
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5598 seconds (0.1#10.140)