Jangan Sembarangan Minum Obat Antinyeri

Rabu, 08 Juli 2015 - 09:39 WIB
Jangan Sembarangan Minum Obat Antinyeri
Jangan Sembarangan Minum Obat Antinyeri
A A A
Pernahkah Anda merasakan nyeri kepala secara tiba-tiba dan nyeri badan saat flu mulai menyerang tubuh Anda. Untuk mengatasinya, kita kerap kali membeli obat penahan rasa sakit atau analgetika yang dijual di pasaran.

Namun, tidak sembarangan nyeri bisa diobati dengan obat-obatan tersebut. Neurolog dari Departemen Neurologi Fakultas Kedokteran Universitas Atma Jaya, Jimmy Barus, mengatakan bahwa penggunaan analgetika umum seperti itu tidak masalah untuk penggunaan jangka pendek. Bila ternyata nyeri yang dirasakan tidak biasa dan tidak kunjung membaik, berkonsultasi ke dokter adalah solusinya.

”Bila nyeri yang dirasakan berbeda dari biasanya dan kronis, seseorang harus segera konsultasi ke dokter. Dokter akan mengevaluasi sifat dan jenis nyeri yang dialami, serta kemungkinan ada tidaknya penyakit penyerta lain supaya penanganan dan pengobatan nyeri lebih tepat dan efektif,” katanya saat ditemui di Jakarta. Penggunaan obat penghilang rasa sakit atau analgetika yang beredar di pasaran secara berlebihan harus dihindari.

Itu karena dapat memberi efek samping bila dikonsumsi untuk jangka panjang. Hal ini khususnya untuk obat yang berasal dari golongan antiinflamasi nonsteroid yang bisa mengakibatkan masalah lambung hingga gangguan ginjal. ”Penggunaan golongan obat antiinflamasi nonsteroid perlu dibatasi karena mengandung zat yang bersifat antiprostaglandin.

Prostaglandin bersifat melebarkan pembuluh darah sehingga bisa melancarkan aliran darah ke ginjal. Sementara, golongan obat ini membuat aliran darah ke ginjal berkurang,” katanya.

Larissa/ Okezone
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4068 seconds (0.1#10.140)