Sukses Menjadi Orang Tua Tunggal

Rabu, 08 Juli 2015 - 09:39 WIB
Sukses Menjadi Orang Tua Tunggal
Sukses Menjadi Orang Tua Tunggal
A A A
Move on

Pasca perceraian, cepat tata hati Anda kembali. Jangan larut terlalu lama dalam masalah perceraian. Segera move on dan tata kembali hidup Anda. Berpikir positif juga dapat membuat Anda lebih tegar dalam menghadapi berbagai tantangan hidup saat menghadapi segala sesuatu seorang diri. Fokuskan pikiran pada hal-hal yang ingin Anda lakukan bersama sang buah hati.

Fokus pada Anak

Apa pun yang terjadi, anak tetaplah prioritas. Jangan sampai persoalan perceraian mengorbankan anak. Biasanya dampak psikologis yang muncul adalah penyangkalan dan kemarahan yang mengakibatkan berubahnya perilaku anak sebagai bentuk ketidaksukaan dan ketidaknyamanan yang dirasakan. Beri pengertian agar anak bisa memahami situasi yang saat ini terjadi. Hal ini dapat mencegah anak kehilangan identitas sosialnya.

Beri anak cinta dan kasih sayang

Bukan hanya Anda yang bersedih atas perceraian yang terjadi. Buah hati Anda, apalagi bila ia dekat dengan sang ayah, pasti juga akan merasa kehilangan. Oleh karena itu, peran Anda sangat penting untuk menenteramkan hati dan meyakinkan anak Anda bahwa ia tidak bersalah. Anak korban perceraian biasanya lebih rentan terhadap stres, anak mengalami perasaan kehilangan dan terluka dalam diri mereka yang tidak akan sembuh sepenuhnya.

Minta dukungan dari keluarga

Dalam masa-masa sulit, tak dapat dimungkiri bahwa kasih sayang dan dukungan keluarga memang sangat penting. Jangan sungkan atau gengsi untuk menerima uluran tangan keluarga atau bahkan keluarga mantan pasangan. Kehadiran kakek dan nenek, sepupu, serta tante, dan orang terdekat lainnya bisa menjadi obat yang ampuh bagi anak melalui masa transisi.

Larissa huda
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0112 seconds (0.1#10.140)