Mencerdaskan Anak dengan Musik

Senin, 20 Juli 2015 - 07:37 WIB
Mencerdaskan Anak dengan Musik
Mencerdaskan Anak dengan Musik
A A A
JAKARTA - Mendengarkan musik menyimpan banyak manfaat. Selain menyenangkan, bagi anak-anak, mendengarkan musik sejak masih dalam kandungan atau saat mengasuh dipercaya dapat merangsang kecerdasannya.

Praktisi neurosains terapan Dr. Anne Gracia mengungkapkan, sejak manusia di dalam kandungan, panca indera yang paling pertama berfungsi adalah pendengaran. Detak jantung sang ibu, menjadi suara pertama yang di dengar bayi. Bahkan, detak jantung ibu merangsang otak anak aktif sejak dalam kandungan.

"Telinga adalah area yang luar biasa, karena dia melewati beberapa proses. Udara bisa diubah menjadi getaran di gendang telinga, dan kemudian menjadi cairan, dan proses itu dapat menstimulasi otak. Bila anak merespons saat mendengar suara, itu adalah awal dari kecerdasan," papar Dr. Anne Gracia saat pembukaan daycare Unilever "Daddy & I, Together for a #brighfuture", di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Lebih lanjut Dr. Anne menjelaskan, musik menjadi salah satu stimulus yang dapat mempercepat perkembangan otak bayi. Tidak hanya itu, musik juga dapat merangsang hingga belahan otak. Dengan demikian semua otak dapat terstimulus.

"Musik dapat memengaruhi kapasitas belajar otak, meningkatkan ukuran pendengaran, dan korteks motorik," jelasnya.

Sementara waktu yang tepat mendengarkan musik pada anak, Dr. Anne menyarankan sehabis bangun tidur dengan memperdengarkan musik yang energik. Selain itu, ketika suasana siang hari mengantuk, bisa memperdengarkan musik yang menyemangati.

"Saat malam hari, beri lagi musik yang dapat menurunkan degup jantungnya. Supaya istirahat. Volume juga berpengaruh, supaya otak rileks. Dengan demikian, dari mendengarkan musik lalu anak merespons baik dengan suara atau gerakan itu menandakan kecerdasan yang baik," tandasnya.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4290 seconds (0.1#10.140)