Si Kecil Yang Buas

Kamis, 09 Juli 2015 - 10:05 WIB
Si Kecil Yang Buas
Si Kecil Yang Buas
A A A
Datsun Go Rally jadi kejutan bagi pemuda asal Bandung, Ardhyaska Amy, dan KORAN SINDO saat mengunjungi Afrika Selatan dalam rangka Datsun Go Rally South Africa awal Juli lalu.

Seperti apa bentuk dan performa mobil kecil ini? Ardhyaska Amy langsung terkagumkagum saat melihat mobil Datsun GO Rally secara langsung di Gerotek Track Facility, Pretoria, Afrika Selatan, Kamis (2/7) lalu. Pria yang sehari-harinya bekerja di dunia automotif tersebut berdecak kagum karena desain Datsun GO Rally yang dibuat oleh 30 sukarelawan di Nissan Technical Center Facility, Jepang, sangat praktis tapi eksotis.

Datsun GO Rally memang bukanlah mobil produksi massal. Mobil ini merupakan proyek inovasi Datsun global berkolaborasi dengan 30 sukarelawan. Kolaborasi yang dipusatkan di Nissan Technical Centre, Jepang itu bekerja selama 6 bulan mendesain dan memproduksi Datsun GO Rally. Nah, hasil kerja keras itulah yang dilihat langsung oleh Ardhyaksa dan KORAN SINDO di Afrika Selatan.

Desain Datsun GO Rally memang tampil istimewa. Warna biru dipilih karena biru adalah warna identik Datsun. Agar aura reli terpancar kuat, diselipkan permainan grafis warna merah dan tulisan Datsun berkelir putih. Tidak banyak perbedaan besar antara Datsun GO dan Datsun GO Rally. Spoiler pun sama karena tetap menggunakan spoiler asli.

Satu hal yang mencolok adalah pemasangan roof spoiler berukuran besar agar mobil ini lebih kuat menempel tanah. Mereka justru memasang beberapa ornamen vital yang harus ada di setiap mobil reli. Misalnya, penopang bodi memanfaatkan suspensi dari Ohlins yang bisa diatur tingkat kekerasan dan ketinggiannya. Badan mobil pun mendapat penguatan struktur dan roll cage.

Sektor kaki-kaki pun tidak lupa dirombak. Kali ini Datsun GO Rally mengenakan velg Enkei 16 inci berwarna putih dengan cakram lebar dan kaliper rem dari Endless. Sementara, di sektor interior, tidak ada perubahan di bagian dasbor. Mobil ini hanya mengganti jok mobil dengan sepasang jok bucket Recaro dan palang setir bergaya Deep Cone.

Untuk keselamatan, mobil ini juga memasang sabuk pengaman empat titik. Karena berlabel reli, otomatis pertanyaannya, apakah mesin mobil ini diganti atau minimal mengalami modifikasi? Datsun mengumumkan mobil ini tetap mengusung mesin yang sama, yakni HE12DE. Namun, mereka mengklaim mobil ini mengalami peningkatan tenaga yang tidak dijabarkan secara detail oleh Datsun. Begitu juga untuk penyaluran tenaga, mobil ini tetap menggunakan transmisi manual bawaan dari Datsun GO.

Namun, sedikit dimodifikasi rasio gigi jadi lebih rapat. Bagaimana dengan performanya? Datsun mempersilakan pemenang Datsun GO Xplore Your Stylde Digital Contest , Ardhyaska Amy, untuk mencobanya langsung. Saat mencoba mobil tersebut, dia langsung bertandem dengan pembalap Jacks Jacobs mengelilingi sirkuit Gerotek Track Facility. Hasilnya? “Asyik banget, buas ternyata,” ucap Ardhyaksa.

Denny irawan
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7816 seconds (0.1#10.140)